yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Peresmian Kampung Nelayan Teknologi Warnai Baksos Dharma Pertiwi

TANGERANG, JURNAL IBUKOTA: Peresmian Kampung Nelayan Teknologi di Tanjung Kait desa Tanjung Anom Kec Mauk kab Tangerang, mewarnai bakti sosial Darma Pertiwi Pusat yang dilakukan oleh ketua umum Dharma Pertiwi Ibu Nanny Hadi Tjahyanto, Senin (17/12/2018).

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Flyover Simpang Surabaya, Underpass Beurawe, Masjid At Taqarrub & IAI Al Aziziyah Diresmikan Presiden Jokowi

ACEH BESAR, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan rehabilitasi dan rekonstruksi (rehab rekon) sejumlah fasilitas umum dan fasilitas sosial yang mengalami kerusakan pascabencana gempa bumi di Aceh pada 7 Desember 2016 lalu.

Read more...

Menteri Puspayoga Resmikan Pabrik Pakan Ternak Koperasi KAN Jabung

Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga meresmikan pabrik pakan ternak Koperasi Agro Niaga (KAN) Jabung, Malang dengan nilai investasi Rp 23 miliar. MALANG, JURNAL IBUKOTA. COM: Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga meresmikan pabrik pakan ternak Koperasi Agro Niaga (KAN) Jabung, Malang dengan nilai investasi Rp 23 miliar. 

 

Pabrik berkapasitas 200 ton/hari tersebut merupakan pabrik pakan ternak kedua KAN Jabung yang produksinya 50 ton/hari. KAN Jabung menargetkan utilisasi produksi 200 ton/hari akan tercapai sepenuhnya dalam waktu tiga tahun.  

Untuk mencapai target itu, Menkop mendorong KAN Jabung menjalin kolaborasi dengan koperasi lainnya dalam hal pemasaran. 

"Saya sarankan KAN Jabung memanfaatkan jejaring dengan koperasi lainnya untuk pemasaran sehingga distribusi bisa sampai ke seluruh Indonesia. Biaya distribusi lebih efisien dan koperasi bisa bergerak dan tumbuh bersama," kata Puspayoga pada peresmian KAN Jabung, Rabu (24/5/2017), di Kecamatan Jabung, Malang, Jawa Timur. 

Menteri mengapresiasi KAN Jabung yang tumbuh dan berkembang melakukan berbagai inovasi,  termasuk dalam usaha pengolahan pakan ternak.

Ketua I KAN Jabung, Ali Suhadi mengatakan investasi pakan ternak KAN Jabung berasal dari pembiayaan bank senilai Rp 5 miliar dan sisanya Rp 18 miliar dari dana cadangan koperasi. 

"Koperasi berinvestasi tidak lepas dari semakin berkembangnya peternakan sapi di dalam negeri. Untuk itu,  kami mengantisipasi kebutuhan pakan ternak yang akan sangat tinggi dengan membangun pabrik baru," kata Ali.   

Saat ini produksi pakan ternak KAN Jabung sebanyak 1.300 ton/bulan atau 50 ton/hari. Sebanyak 700 ton/bulan dipasok kepada anggota dan 600 ton/bulan didistribusikan kepada peternak di luar anggota. 

Anggota KAN Jabung merupakan salah satu koperasi peternakan terbesar di Jawa Timur dengan anggota 2.400 orang, dengan perincian 2.200 adalah peternak dan 200 anggota petani tebu. Populasi ternak yang dimiliki anggota 9.500 ekor dan 1.000 ha lahan tebu.  

Peternakan sapi perah merupakan bisnis utama KAN Jabung, di samping unit bisnis lainnya antara lain,  unit pengolahan susu,  ritel,  bengkel,  simpan pinjam.  KAN Jabung memiliki aset Rp 120 miliar dengan omset sekitar Rp 200 miliar.  (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Transportasi

Krist Ade: Astra Tol Tangerang-Merak Terus Kembangkan Layanan Jalan Tol

TANGERANG, JURNAL IBUKOTA: Presiden Direktur PT Marga Mandala Sakti (MMS) Krist Ade Sudiyono mengatakan menjelang akhir tahun 2018, Astra Tol Tangerang-Merak terus melakukan pengembangan terhadap berbagai aspek layanan jalan tol.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Kenalkan Jalan Tol Batang-Semarang, PT JSB Lakukan Sepeda Santai

PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) selaku kelompok usaha dari Jasa Marga melakukan kegiatan gowes bareng Jasa Marga Cycling Club (JMCC) di sepanjang Jalan Tol Batang-Semarang, Sabtu (15/12). SEMARANG, JURNAL IBUKOTA:  PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) selaku kelompok usaha dari Jasa Marga melakukan kegiatan gowes bareng Jasa Marga Cycling Club (JMCC) di sepanjang Jalan Tol Batang-Semarang, Sabtu (15/12). 

Read more...