yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Kemenkop dan UKM Kembangkan Industri Kentang Lewat Koperasi

BOGOR, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Koperasi dan UKM menggelar acara Focus Group Discussion (FGD) tentang Pemberdayaan Petani Kentang Melalui Penguatan Koperasi, di Kota Bogor, Selasa (20/2).

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Menteri Basuki Menerima Herman Johannes Award 2018

YOGYAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima Herman Johannes Award Tahun 2018 Bidang Infrastruktur dari Keluarga Alumni Teknik Universitas Gadjah Mada (Katgama). Para penerima penghargaan lainnya adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Bidang Kelautan, Almarhum Hardjoso Prodjopangarso di Bidang Teknologi Pengairan, Soebroto di Bidang Energi, dan Almarhum Hartarto Sastrosoenarto di Bidang Industri.

Read more...

Dea Rahmat: Sate Bandeng Hajah Mariyam Belum Mau Buka Waralaba

Generasi penerus usaha Sate Bandeng Hajah Mariyam di Kota Serang, Dea Rahmat mengatakan belum berani membuka jaringan waralaba (franchise) atas usaha keluarga tersebut karena takut kualitasnya tidak sesuai standar yang diinginkan neneknya.SERANG, JURNAL IBUKOTA. COM: : Generasi penerus usaha Sate Bandeng Hajah Mariyam di Kota Serang, Dea Rahmat mengatakan belum berani membuka jaringan waralaba (franchise) atas usaha keluarga tersebut karena takut kualitasnya tidak sesuai standar yang diinginkan neneknya.

 

"Kami belum berani membuka waralaba ke masyarakat, karena kami masih ingin fokus melayani masyarakat secara langsung. Dengan cara yang sekarang saja kami sudah kewalahan melayani pesanan pelanggan," kata Generasi penerus usaha Sate Bandeng Hajah Mariyam di Kota Serang, Dea Rahmat kepada media di Serang, Jumat (28/10/2016).

Menurut Dea, setiap hari dia dan keluarganya mengolah sedikitnya 350 ekor ikan bandeng.

"Dari jumlah tersebut yang bisa jadi sesuai standar kami sekitar 300 ekor sate ikan bandeng isi tanpa tulang," kata Dea.

Menurut Dea, neneknya Hajah Mariyam menemukan resep sate ikan bandeng isi tanpa tulang tersebut sejak 1970-an, kemudian diteruskan oleh orang tuanya dan sekarang dia dan saudara-saudaranya sebagai generasi ketiga melanjutkan usaha keluarga tersebut.

"Pelanggan  kebanyakan membeli Sate ikan bandeng produksi kami sebagai bahan oleh-oleh untuk dibawa keluar kota," tuturnya.

Menurut Dea, pelanggan membeli langsung ke rumahnya dalam jumlah beragam. Ada yang membeli dua ekor, ada yang sepuluh ekor bahkan ada yang membeli 15 ekor.

"Kami mempromosikannya secara getok tular dari mulut ke mulut saja, selain melalui pameran-pameran yang diadakan oleh pemda setempat," ujarnya. Dea menjual satu tusuk Sate Bandeng seharga Rp 32.000 (dengan kemasan kotak) dan Rp 30.000 (tanpa kemasan).

Menurut Dea, yang sudah lulus sebagai sarjana ekonomi di sebuah  perguruan tinggi swasta di Serang, neneknya memulai usaha tersebut sejak tahun 1970-an sebagai usaha kecil- kecilan mulai dari 15 ekor, dan terus meningkat sampai 300-350 ekor pada saat ini.

Dea mengatakan resep Sate Bandeng Hajah Mariyam salah satu bumbunya adalah santan yang membuat makanan tersebut gurih dan lezat. Namun di sisi lain karena menggunakan santan, tidak bisa awet dan hanya bisa bertahan 2-3 hari saja.

"Karena itu kami tidak melayani pesanan dari luar kota, karena kami tidak bisa menjamin makanan tersebut bisa sampai di alamat kurang dari waktu 3 hari," katanya.

Menurut dia, kalau lebih dari tiga hari kemungkinan sate bandeng itu sudah basi. Apalagi kalau sudah sampai di tujuan tidak langsung dimasukkan ke dalam kulkas.

Dia mengatakan ingin mengembangkan usaha keluarga ini menjadi usaha yang besar, namun masih mendapat resistensi dari generasi kedua karena mereka pernah trauma dengan kerjasama yang dilakukan dengan produsen mi instan yang besar.

"Mula-mula kerjasama  tersebut lancar, namun menginjak bulan keenam, mulai kurang lancar dan pada akhirnya produsen mi instan tersebut mengeluarkan produk mi instan rasa sate ikan bandeng serta tidak melibatkan keluarga kami  lagi," katanya.

Belakangan dari pihak manajemen produsen mi instan tersebut datang lagi untuk bekerjasama, namun pihak keluarga kurang berkenan untuk melanjutkan kerjasama tersebut.

Menurut Dea, ikan bandeng dengan berat sekitar setengah kilogram tersebut didatangkannya dari Lampung.

"Kami mendatangkan ikan bandeng dari Lampung, karena ikan dari Banten kebanyakan bau tanah," katanya. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Pendidikan dan Kebudayaan

Menteri Basuki Raih Herman Johannes Award 2018

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima Herman Johannes Award Tahun 2018 Bidang Infrastruktur dari Keluarga Alumni Teknik Universitas Gadjah Mada (Katgama). Para penerima penghargaan lainnya adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Bidang Kelautan, Almarhum Hardjoso Prodjopangarso di Bidang Teknologi Pengairan, Soebroto di Bidang Energi, dan Almarhum Hartarto Sastrosoenarto di Bidang Industri.

MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima Herman Johannes Award Tahun 2018 Bidang Infrastruktur dari Keluarga Alumni Teknik Universitas Gadjah Mada (Katgama). Para penerima penghargaan lainnya adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Bidang Kelautan, Almarhum Hardjoso Prodjopangarso di Bidang Teknologi Pengairan, Soebroto di Bidang Energi, dan Almarhum Hartarto Sastrosoenarto di Bidang Industri.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Kemenko PMK Dorong Optimalisasi Ekonomi Desa Melalui Bidang Pertanian

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Staf Ahli Menteri Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan Ekonomi Kreatif dan Ketenagakerjaan, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Sidqy Leggo Pangesthi Suyitno mengatakan, perlu sekali pemerintah mendorong optimalisasi potensi ekonomi desa melalui bidang pertanian.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Menko Puan: Diperlukan Kesadaran untuk Mencegah Kebakaran Hutan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan perlu sekali upaya bersama untuk membangun kesadaran dalam mencegah kebakaran hutan, kebun dan lahan pada tahun 2018 mendatang.

Read more...

Transportasi

Lampaui Target, Jasa Marga Peroleh Skor 725,5 dalam KPKU tahun 2017

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh skor 725,5 dalam Kriteria Penilaian Kinerja Umum (KPKU) tahun 2017 yang digelar oleh Forum Ekselen BUMN (FEB). Skor tersebut mengalami peningkatan dibandingkan skor yang diperoleh oleh Jasa Marga pada KPKU tahun 2016, yakni dengan raihan skor sebesar 688,5 dan telah berhasil melampaui target dari penilaian KPKU tahun 2017 yaitu 696.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh skor 725,5 dalam Kriteria Penilaian Kinerja Umum (KPKU) tahun 2017 yang digelar oleh Forum Ekselen BUMN (FEB). Skor tersebut mengalami peningkatan dibandingkan skor yang diperoleh oleh Jasa Marga pada KPKU tahun 2016, yakni dengan raihan skor sebesar 688,5 dan telah berhasil melampaui target dari penilaian KPKU tahun 2017 yaitu 696.

Read more...