yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Pada HUT Kemerdekaan RI ke-72, Tiga BUMN Bersinergi Salurkan Bantuan di Bali

NUSA DUA, BALI, JURNAL IBUKOTA:  Rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di Provinsi Bali Tahun 2017 resmi ditutup bersamaan dengan penyelenggaraan Upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 yang digelar di lapangan upacara Kantor ITDC-Kawasan Pariwisata Nusa Dua. 

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Atasi Laju Penurunan Permukaan Tanah DKI Jakarta, Kementerian PUPR Siapkan Langkah Quick Wins Komprehensif

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melakukan langkah-langkah untuk mengatasi penurunan permukaan tanah (_land subsidence_) di Utara Jakarta melalui program Quick Win Pembangunan Terpadu Pesisir Ibukota Negara (PTPIN) atau National Capital Integrated Coastal Development (NCICD).

Read more...

Dea Rahmat: Sate Bandeng Hajah Mariyam Belum Mau Buka Waralaba

Generasi penerus usaha Sate Bandeng Hajah Mariyam di Kota Serang, Dea Rahmat mengatakan belum berani membuka jaringan waralaba (franchise) atas usaha keluarga tersebut karena takut kualitasnya tidak sesuai standar yang diinginkan neneknya.SERANG, JURNAL IBUKOTA. COM: : Generasi penerus usaha Sate Bandeng Hajah Mariyam di Kota Serang, Dea Rahmat mengatakan belum berani membuka jaringan waralaba (franchise) atas usaha keluarga tersebut karena takut kualitasnya tidak sesuai standar yang diinginkan neneknya.

 

"Kami belum berani membuka waralaba ke masyarakat, karena kami masih ingin fokus melayani masyarakat secara langsung. Dengan cara yang sekarang saja kami sudah kewalahan melayani pesanan pelanggan," kata Generasi penerus usaha Sate Bandeng Hajah Mariyam di Kota Serang, Dea Rahmat kepada media di Serang, Jumat (28/10/2016).

Menurut Dea, setiap hari dia dan keluarganya mengolah sedikitnya 350 ekor ikan bandeng.

"Dari jumlah tersebut yang bisa jadi sesuai standar kami sekitar 300 ekor sate ikan bandeng isi tanpa tulang," kata Dea.

Menurut Dea, neneknya Hajah Mariyam menemukan resep sate ikan bandeng isi tanpa tulang tersebut sejak 1970-an, kemudian diteruskan oleh orang tuanya dan sekarang dia dan saudara-saudaranya sebagai generasi ketiga melanjutkan usaha keluarga tersebut.

"Pelanggan  kebanyakan membeli Sate ikan bandeng produksi kami sebagai bahan oleh-oleh untuk dibawa keluar kota," tuturnya.

Menurut Dea, pelanggan membeli langsung ke rumahnya dalam jumlah beragam. Ada yang membeli dua ekor, ada yang sepuluh ekor bahkan ada yang membeli 15 ekor.

"Kami mempromosikannya secara getok tular dari mulut ke mulut saja, selain melalui pameran-pameran yang diadakan oleh pemda setempat," ujarnya. Dea menjual satu tusuk Sate Bandeng seharga Rp 32.000 (dengan kemasan kotak) dan Rp 30.000 (tanpa kemasan).

Menurut Dea, yang sudah lulus sebagai sarjana ekonomi di sebuah  perguruan tinggi swasta di Serang, neneknya memulai usaha tersebut sejak tahun 1970-an sebagai usaha kecil- kecilan mulai dari 15 ekor, dan terus meningkat sampai 300-350 ekor pada saat ini.

Dea mengatakan resep Sate Bandeng Hajah Mariyam salah satu bumbunya adalah santan yang membuat makanan tersebut gurih dan lezat. Namun di sisi lain karena menggunakan santan, tidak bisa awet dan hanya bisa bertahan 2-3 hari saja.

"Karena itu kami tidak melayani pesanan dari luar kota, karena kami tidak bisa menjamin makanan tersebut bisa sampai di alamat kurang dari waktu 3 hari," katanya.

Menurut dia, kalau lebih dari tiga hari kemungkinan sate bandeng itu sudah basi. Apalagi kalau sudah sampai di tujuan tidak langsung dimasukkan ke dalam kulkas.

Dia mengatakan ingin mengembangkan usaha keluarga ini menjadi usaha yang besar, namun masih mendapat resistensi dari generasi kedua karena mereka pernah trauma dengan kerjasama yang dilakukan dengan produsen mi instan yang besar.

"Mula-mula kerjasama  tersebut lancar, namun menginjak bulan keenam, mulai kurang lancar dan pada akhirnya produsen mi instan tersebut mengeluarkan produk mi instan rasa sate ikan bandeng serta tidak melibatkan keluarga kami  lagi," katanya.

Belakangan dari pihak manajemen produsen mi instan tersebut datang lagi untuk bekerjasama, namun pihak keluarga kurang berkenan untuk melanjutkan kerjasama tersebut.

Menurut Dea, ikan bandeng dengan berat sekitar setengah kilogram tersebut didatangkannya dari Lampung.

"Kami mendatangkan ikan bandeng dari Lampung, karena ikan dari Banten kebanyakan bau tanah," katanya. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Menteri Basuki Terima Presiden JICA Bahas Infra

Pemerintah Jepang menyatakan dukungannya terhadap penyediaan infrastruktur untuk mewujudkan pemerataan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Demikian disampaikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai pertemuan dengan Presiden Japan International Cooperation Agency (JICA) Shinichi Kitaoka, Rabu (26/7). Kedatangan Presiden JICA merupakan tindak lanjut pertemuan bilateral Kementerian PUPR dan JICA, serta Japan Global Exchange Forum for Housing, Building and Urban Development pertengahan Juli 2017 di Tokyo, Jepang.

 Pemerintah Jepang menyatakan dukungannya terhadap penyediaan infrastruktur untuk mewujudkan pemerataan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Demikian disampaikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai pertemuan dengan Presiden Japan International Cooperation Agency (JICA) Shinichi Kitaoka, Rabu (26/7). Kedatangan Presiden JICA merupakan tindak lanjut pertemuan bilateral Kementerian PUPR dan JICA, serta Japan Global Exchange Forum for Housing, Building and Urban Development pertengahan Juli 2017 di Tokyo, Jepang.

Sponsor

 http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Kementerian Pertanian Jamin Ketersediaan dan Kesehatan Ternak untuk Hari Raya Idul Adha Tahun 2017 Aman

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Menjelang Hari Raya Idul Adha atau yang dikenal juga dengan Hari Raya Qurban yang akan jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah 1438 H atau bertepatan dengan tanggal 1 September 2017, setiap umat Muslim yang sudah mampu secara financial biasanya akan mencari ternak untuk digunakan sebagai hewan qurban pada hari besar tersebut.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Dukung Pengelolaan KPH Melalui Pengembangan Ekonomi Berbasis Lingkungan

Menyusul serangkaian kegiatan International Union of Forest Research Organization (IUFRO)-International Conference of Indonesian Forestry Researchers (INAFOR) Tahun 2017 yang telah diselenggarakan sejak Senin, (24/07/2017), Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Dr. Siti Nurbaya melakukan pertemuan dengan Duta Besar Finlandia, H.E. Päivi Hiltunen-Toivio dan Penasihat Menteri Pertanian dan Kehutanan Finlandia, Marjukka Mähönen, di Yogyakarta (25/07/2017), untuk membahas kerjasama penelitian dan pengembangan kehutanan.YOGYAKARTA, JURNAL IBUKOTA : Menyusul serangkaian kegiatan International Union of Forest Research Organization (IUFRO)-International Conference of Indonesian Forestry Researchers (INAFOR) Tahun 2017 yang telah diselenggarakan sejak Senin, (24/07/2017), Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Dr. Siti Nurbaya melakukan pertemuan dengan Duta Besar Finlandia, H.E. Päivi Hiltunen-Toivio dan Penasihat Menteri Pertanian dan Kehutanan Finlandia, Marjukka Mähönen, di Yogyakarta (25/07/2017), untuk membahas kerjasama penelitian dan pengembangan kehutanan.

Read more...

Transportasi

Petugas ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak Sigap Evakuasi Mobil Terbakar di KM 94.300 arah ke Merak

CILEGON, JURNAL IBUKOTA : Pada pukul 12.28 WIB Jumat (11/8) Petugas Sentra Informasi Monitoring Operasional Tol (SIMOT) ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak mendapat laporan dari pengguna jalan terkait adanya mobil jenis Honda Brio dengan nomor polisi A 1025 S yang terbakar di bahu kanan (right shoulder) KM 94.300 arah Merak.

Read more...