yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Menkop dan UKM Dorong Koperasi Memanfaatkan Pembiayaan UMi

LOMBOK, JURNAL IBUKOTA: Menteri Koperasi dan UKM, AAGN  Puspayoga mendorong para Gubernur, Bupati, dan Kepala Dinas terkait agar koperasi di wilayahnya memanfaat pembiayaan atau kredit ultra mikro (UMi). Dengan mengakses kredit berbunga sangat rendah ini diharapkan koperasi semakin maju dan berkembang, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan anggotanya dan mengurangi angka kemiskinan.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Presiden Jokowi: Pemerintah Tahun Depan Akan Bangun 300 Unit Jembatan Gantung

MAGELANG, JURNAL IBUKOTA: Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah pada tahun depan akan membangun sedikitnya 300 unit jembatan gantung di desa-desa untuk menggerakkan potensi ekonomi masyarakat di perdesaan.

Read more...

LPDB dan Syarikat Islam Jalin Kerjasama untuk Kembangkan Ekonomi Syariah

Dirut LPDB Kemas Danial berfoto bersama Ketua Umum Syarikat Islam Hamdan Zulva setelah penandatanganan kesepakatan di Jakarta, Kamis (29/9/2016)JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) KUKM Kemas Danial mengatakan kerjasama dengan Syarikat Islam merupakan langkah strategis lembaga itu dalam mengembangkan usahanya.

 

"Kesepakatan LPDB dan Syarikat Islam hari ini menjadi tonggak sejarah baru dalam mengembangkan ekonomi syariah," kata Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) KUKM Kemas Danial seusai menandatangani kesepakatan bersama Ketua Umum Syarikat Islam Hamdan Zoelva di kantor LPDB, Jakarta, Kamis (29/9/2016).

Menurut Kemas, dalam kondisi ekonomi nasional yang agak timpang belakangan ini, maka kerjasama dengan Syarikat Islam sebagai mitra strategis diharapkan akan bisa memulihkan kondisi tersebut.

Menurut Kemas, mau atau tidak mau, suka atau tidak suka, usaha kecil menengah (UKM) telah menjadi ujung tombak perekonomian Indonesia.

"Karena itu sudah sepatutnya pemerintah dan kita semua memberi perhatian yang lebih besar kepada UKM yang telah menyelamatkan Perekonomian negeri ini dari keruntuhan ketika terjadi krisis multidimensi pada 1998," katanya.

Menurut dia, itulah sebabnya perhatian pemerintah dicurahkan kepada UKM agar pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 5,1%. Oleh karena itu, LPDB sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam membina UKM, sangat senang bekerjasama dengan Syarikat Islam yang berdiri pada 1905 didirikan oleh Samanhudi semula dengan nama Serikat Dagang Islam. Lalu berganti nama menjadi Syarikat Islam ketika di bawah HOS Tjokroaminoto.

Oleh karena itu, katanya, LPDB berusaha menggerakkan UKM melalui dana bergulir sehingga bisa mendorong perekonomian nasional lebih cepat lagi.

"Syarikat Islam merupakan lembaga masyarakat yang berbasis agama Islam dan menjadi tulang punggung perlawanan umat Islam terhadap sistem ekonomi kapitalis pada masa Kolonial Belanda," kata Ketua Umum Syarikat Islam Hamdan Zoelva dalam kesempatan tersebut.

Menurut Hamdan, sekarang organisasi Syarikat Islam mempunyai basis kegiatan di Jawa Barat, oleh karena itu pihaknya akan memfokuskan kegiatan pembinaan di wilayah itu.

"Kami akan mendorong lembaga ekonomi mikro Bina Sari (Pembinaan Syariah) yang menjadi anggota Syarikat Islam agar berkembang menjadi kekuatan ekonomi yang bisa diperhitungkan," katanya. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Resmikan Jembatan Gantung Krinjing

Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah pada tahun depan akan membangun sedikitnya 300 unit jembatan gantung di desa-desa untuk menggerakkan potensi ekonomi masyarakat di perdesaan. Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah pada tahun depan akan membangun sedikitnya 300 unit jembatan gantung di desa-desa untuk menggerakkan potensi ekonomi masyarakat di perdesaan. “Pembangunan jembatan gantung di perdesaan sangat penting artinya untuk menggerakkan potensi masyarakat dan mempermudah warga dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari,” kata Presiden Joko Widodo seusai menandatangani prasasti peresmian dua jembatan gantung yakni Jembatan Mangunsuko dan Krinjing di Kabupaten Magelang, Senin (18/9/2017). Dalam acara tersebut Presiden Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, anggota Komisi V DPR Soedjadi dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta ribuan warga Desa Mangunsuko dan Desa Sumber, Kecamatan Dukun, Kab. Magelang.

Sponsor

 http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Kementan Minta Peternak Terapkan Kesrawan dalam Budidaya Ternak Sapi Potong

BANDA ACEH, JURNAL IBUKOTA: Untuk meningkatkan produksi sapi eks impor yang dipelihara oleh kelompok peternak di Provinsi Aceh, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) Kementerian Pertanian (Kementan) Drh. I. Ketut Diarmita, MP meminta kepada peternak agar menerapkan prinsip-prinsip kesejahteraan hewan (Kesrawan) dalam budidaya ternak sapi potong.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Perhutanan Sosial: Masyarakat Dapat Akses Legal Kelola Kawasan Hutan

Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).

Read more...

Transportasi

Mulai 17 September 2017, Jasa Marga Cabang Belmera Secara Bertahap Terapkan 100% Pembayaran Non Tunai

Mulai 17 September 2017, Jasa Marga Cabang Belmera secara bertahap akan mengubah metode pembayaran transaksi tunai menjadi non tunai pada seluruh gerbang tol di Jalan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera).MEDAN, JURNAL IBUKOTA: Mulai 17 September 2017, Jasa Marga Cabang Belmera secara bertahap akan mengubah metode pembayaran transaksi tunai menjadi non tunai pada seluruh gerbang tol di Jalan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera).

Read more...