yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Kemenkop dan UKM Optimistis Pemberdayaan KUMKM yang Efektif Mampu Kurangi Kesenjangan

PEKANBARU, JURNAL IBUKOTA: Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM merasa optimistis dengan pemberdayaan koperasi dan UMKM yang efektif akan mampu menanggulangi masalah kemiskinan, pengganguran dan penciptaan lapangan kerja, serta mengurangi kesenjangan ekonomi.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Refly Harun Berharap Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Jadi Cikal Bakal Trans Kalimantan

BALIKPAPAN, JURNAL IBUKOTA: Percepatan pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dengan total panjang jalan tol 99,35 Km terus dilakukan. Hingga pertengahan November 2017, proyek yang dikelola oleh Anak Usaha Jasa Marga, PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (PT JBS), menunjukkan progres positif. Komisaris Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Refly Harun, optimistis jalan tol pertama di Kalimantan tersebut dapat beroperasi penuh pada akhir tahun 2018 mendatang dan diharapkan dapat menjadi cikal bakal Trans Kalimantan.

Read more...

LPDB dan Syarikat Islam Jalin Kerjasama untuk Kembangkan Ekonomi Syariah

Dirut LPDB Kemas Danial berfoto bersama Ketua Umum Syarikat Islam Hamdan Zulva setelah penandatanganan kesepakatan di Jakarta, Kamis (29/9/2016)JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) KUKM Kemas Danial mengatakan kerjasama dengan Syarikat Islam merupakan langkah strategis lembaga itu dalam mengembangkan usahanya.

 

"Kesepakatan LPDB dan Syarikat Islam hari ini menjadi tonggak sejarah baru dalam mengembangkan ekonomi syariah," kata Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) KUKM Kemas Danial seusai menandatangani kesepakatan bersama Ketua Umum Syarikat Islam Hamdan Zoelva di kantor LPDB, Jakarta, Kamis (29/9/2016).

Menurut Kemas, dalam kondisi ekonomi nasional yang agak timpang belakangan ini, maka kerjasama dengan Syarikat Islam sebagai mitra strategis diharapkan akan bisa memulihkan kondisi tersebut.

Menurut Kemas, mau atau tidak mau, suka atau tidak suka, usaha kecil menengah (UKM) telah menjadi ujung tombak perekonomian Indonesia.

"Karena itu sudah sepatutnya pemerintah dan kita semua memberi perhatian yang lebih besar kepada UKM yang telah menyelamatkan Perekonomian negeri ini dari keruntuhan ketika terjadi krisis multidimensi pada 1998," katanya.

Menurut dia, itulah sebabnya perhatian pemerintah dicurahkan kepada UKM agar pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 5,1%. Oleh karena itu, LPDB sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam membina UKM, sangat senang bekerjasama dengan Syarikat Islam yang berdiri pada 1905 didirikan oleh Samanhudi semula dengan nama Serikat Dagang Islam. Lalu berganti nama menjadi Syarikat Islam ketika di bawah HOS Tjokroaminoto.

Oleh karena itu, katanya, LPDB berusaha menggerakkan UKM melalui dana bergulir sehingga bisa mendorong perekonomian nasional lebih cepat lagi.

"Syarikat Islam merupakan lembaga masyarakat yang berbasis agama Islam dan menjadi tulang punggung perlawanan umat Islam terhadap sistem ekonomi kapitalis pada masa Kolonial Belanda," kata Ketua Umum Syarikat Islam Hamdan Zoelva dalam kesempatan tersebut.

Menurut Hamdan, sekarang organisasi Syarikat Islam mempunyai basis kegiatan di Jawa Barat, oleh karena itu pihaknya akan memfokuskan kegiatan pembinaan di wilayah itu.

"Kami akan mendorong lembaga ekonomi mikro Bina Sari (Pembinaan Syariah) yang menjadi anggota Syarikat Islam agar berkembang menjadi kekuatan ekonomi yang bisa diperhitungkan," katanya. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Pertanian

Kapal Ternak Solusi Memperlancar Distribusi Sapi Lokal dari Produsen ke Konsumen

JAKARTA JURNAL IBUKOTA: Kapal khusus angkutan ternak Camara Nusantara I (CN 1) merupakan salah satu wujud implementasi Tol Laut yang mengangkut ternak dari daerah sentra produsen ke daerah konsumen. Fini Murfiani selaku Direktur Pengolahan dan Pemasaran hasil Peternakan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian menyampaikan, keberadaan kapal ternak bertujuan untuk mendukung program pemenuhan pangan asal ternak, dan menjamin kelangsungan pendistribusian ternak melalui angkutan laut dengan kaidah animal welfare dari Provinsi NTT sampai ke DKI Jakarta dan sekitarnya.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Perhutanan Sosial: Masyarakat Dapat Akses Legal Kelola Kawasan Hutan

Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).

Read more...

Transportasi

Penyesuaian Tarif Tol Ruas Cikupa-Merak 21 November 2017 Pukul 00.00 WIB

Berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 896/KPTS/M/2017 tanggal 13November 2017 tentang Penyesuaian Tarif Tol Pada Jalan Tol Tangerang-Merak, maka pada 21 November 2017, mulai pukul 00.00 WIB akan diberlakukan tarif tol yang telah disesuaikan.TANGERANG, JURNAL IBUKOTA: Berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 896/KPTS/M/2017 tanggal 13November 2017 tentang Penyesuaian Tarif Tol Pada Jalan Tol Tangerang-Merak, maka pada 21 November 2017, mulai pukul 00.00 WIB akan diberlakukan tarif tol yang telah disesuaikan.

Read more...