yt-banner1
yt-banner2

Pertanian

Dirjen PKH I Ketut Diarmita : Ketahanan Pangan Berarti Kemampuan Membeli Pangan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA.COM: Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian I Ketut Diarmita mengatakan Ketahanan pangan tidak hanya mencakup pengertian ketersediaan pangan yang cukup, tapi juga kemampuan untuk mengaksesnya (termasuk membeli) pangan dan tidak terjadinya ketergantungan pangan pada pihak mana pun.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Info Jalur Mudik dari Siaga Sapta Taruna 26 Juni 2017; Pukul 10.40

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Berikut ini laporan dari Info Siaga Sapta Taruna Ditjen Bina Marga - Kementerian PUPR  pada 26 Juni 2017 hingga. Pukul 10:40.

 

A. Jalan Tol

1. Tol Lingkar Timur: Padat Merayap TMII-Cikunir. Ada kecelakaan di Cikunir.

2. Tol Cikampek: Padat Merayap KM.16 - Rest Area KM. 62. Ada kecelakaan 1 KM setelah Cikunir arah Cikampek

Read more...

LPDB dan Syarikat Islam Jalin Kerjasama untuk Kembangkan Ekonomi Syariah

Dirut LPDB Kemas Danial berfoto bersama Ketua Umum Syarikat Islam Hamdan Zulva setelah penandatanganan kesepakatan di Jakarta, Kamis (29/9/2016)JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) KUKM Kemas Danial mengatakan kerjasama dengan Syarikat Islam merupakan langkah strategis lembaga itu dalam mengembangkan usahanya.

 

"Kesepakatan LPDB dan Syarikat Islam hari ini menjadi tonggak sejarah baru dalam mengembangkan ekonomi syariah," kata Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) KUKM Kemas Danial seusai menandatangani kesepakatan bersama Ketua Umum Syarikat Islam Hamdan Zoelva di kantor LPDB, Jakarta, Kamis (29/9/2016).

Menurut Kemas, dalam kondisi ekonomi nasional yang agak timpang belakangan ini, maka kerjasama dengan Syarikat Islam sebagai mitra strategis diharapkan akan bisa memulihkan kondisi tersebut.

Menurut Kemas, mau atau tidak mau, suka atau tidak suka, usaha kecil menengah (UKM) telah menjadi ujung tombak perekonomian Indonesia.

"Karena itu sudah sepatutnya pemerintah dan kita semua memberi perhatian yang lebih besar kepada UKM yang telah menyelamatkan Perekonomian negeri ini dari keruntuhan ketika terjadi krisis multidimensi pada 1998," katanya.

Menurut dia, itulah sebabnya perhatian pemerintah dicurahkan kepada UKM agar pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 5,1%. Oleh karena itu, LPDB sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam membina UKM, sangat senang bekerjasama dengan Syarikat Islam yang berdiri pada 1905 didirikan oleh Samanhudi semula dengan nama Serikat Dagang Islam. Lalu berganti nama menjadi Syarikat Islam ketika di bawah HOS Tjokroaminoto.

Oleh karena itu, katanya, LPDB berusaha menggerakkan UKM melalui dana bergulir sehingga bisa mendorong perekonomian nasional lebih cepat lagi.

"Syarikat Islam merupakan lembaga masyarakat yang berbasis agama Islam dan menjadi tulang punggung perlawanan umat Islam terhadap sistem ekonomi kapitalis pada masa Kolonial Belanda," kata Ketua Umum Syarikat Islam Hamdan Zoelva dalam kesempatan tersebut.

Menurut Hamdan, sekarang organisasi Syarikat Islam mempunyai basis kegiatan di Jawa Barat, oleh karena itu pihaknya akan memfokuskan kegiatan pembinaan di wilayah itu.

"Kami akan mendorong lembaga ekonomi mikro Bina Sari (Pembinaan Syariah) yang menjadi anggota Syarikat Islam agar berkembang menjadi kekuatan ekonomi yang bisa diperhitungkan," katanya. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Pendidikan dan Kebudayaan

Hilmar Farid: UU Pemajuan Kebudayaan No. 5/2017 untuk Meningkatkan Ketahanan Budaya Indonesia

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid mengatakan pemajuan kebudayaan bertujuan untuk meningkatkan ketahanan budaya dan kontribusi budaya Indonesia di tengah peradaban dunia. 

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pelaku Perdagangan Ilegal Trenggiling Ditangkap di Medan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Penyidik dan Satuan Polisi Kehutanan Reaksi Cepat (SPORC) Balai Penegakan Hukum Wilayah Sumatera, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), berhasil menggagalkan kegiatan perdagangan illegal satwa liar dilindungi di Medan, Provinsi Sumatera Utara. Sebanyak 225 ekor trenggiling, 5 (lima) karung kulit /sisik trenggiling kering,  dan 4 (empat) kulit/sisik trenggiling basah, yang diperkirakan bernilai lebih dari Rp. 2,5 Miliar, telah disita dari pelaku yang ditangkap hari Selasa (13/06/2017).

Read more...

Transportasi

Tambah Kapasitas Gerbang Tol, Jasa Marga Buka 20 Gardu Tol Arah Cikampek

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Volume lalu-lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek sore ini Pukul 18.30 WIB Senin (26/6) terpantau mengalami peningkatan yang mengakibatkan kepadatan lalu-lintas kendaraan menuju arah Cikampek. Adapun kepadatan merupakan dampak volume lalu lintas.

Read more...