yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Kemenkop dan UKM Bersama IBM Sasar Perempuan dan Disabilitas

SOLO, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Koperasi dan UKM bekerja sama dengan IBM menggelar pemasyarakatan dan pelatihan kewirausahaan bagi para perempuan dan penyandang disabilitas. Pelatihan bagi perempuan dan penyandang disabilitas penting karena merupakan bagian dari pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Bendungan Kuningan Mampu Menampung 25 juta m3, Sumber Irigasi dan Air Baku Baru di Pantura Jawa

CIREBON, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan kerja ke Cirebon untuk mengecek perkembangan proyek strategis bidang sumber daya air yang tengah dikerjakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung, Jumat (20/10/2017).

Read more...

"Warisan 2016" Jadi Momentum Lestarikan Budaya Batik Nusantara

Pameran Warisan 2016 disambut antusias masyarakat. Hal itu terlihat dengan banyaknya pengunjung yang datang ke lokasi acara untuk membeli batik yang menjadi pilihannya. PT Mediatama Binakreasi sebagai pihak penyelenggara mencatat bahwa pada tiga hari menjelang penutupan jumlah omzet yang sudah berhasil dibukukan mencapai Rp 490 juta.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Pameran Warisan 2016 disambut antusias masyarakat. Hal itu terlihat dengan banyaknya pengunjung yang datang ke lokasi acara untuk membeli batik yang menjadi pilihannya. PT Mediatama Binakreasi sebagai pihak penyelenggara mencatat bahwa pada tiga hari menjelang penutupan jumlah omzet yang sudah berhasil dibukukan mencapai Rp 490 juta.

 

"Pengunjung merasa bahwa pameran ini memang yang ditunggu dan memberikan manfaat bagi mereka. Kita berharap semoga tahun depan bisa lebih baik lagi," ujar Direktur PT Mediatama Binakreasi, Umi Noor dalam jumpa pers penutupan Pameran Warisan 2016 di gedung JCC, Jakarta, Minggu (28/8/2016).

Pameran Warisan 2016 akan ditutup pada sore ini, setelah sebelumnya resmi dibuka oleh Ibu Mufidah Jusuf Kalla, pada Kamis, 25 Agustus 2016. Pameran batik ternama ini baru pertama kali diadakan, dan rencananya akan hadir setiap tahun.

"Idenya sudah ada sejak tiga tahun lalu, dan alhamdulillah antusias banyak terbukti pengunjung dan transaksi yang kami catat. Jadi itu menjadikan kami terharu dan apa ide kami untuk memajukan industri batik bisa terjawab," kata Umi Noor.

Pameran batik ini melibatkan kurator yang kompeten di bidang batik. Di mana setiap peserta pameran dikurasi produk batiknya, sehingga originalitas batik yang dijual di pameran ini mendapatkan garansi keaslian bahwa batiknya dibuat dengan teknik batik dan bukan printing atau sablon.

"Dengan demikian melalui Pameran Warisan ini maka citra batik nasional sebagai produk budaya luhur bangsa akan tetap terjag kemurniannya," ucap Ketua Tim Kurator Komarudin Kudiya.

Menurut Komarudin, pameran ini memberikan edukasi yang sangat berharga bagi pedagang batik maupun bagi para pembeli batik tersebut, sehingga pembeli akan merasa nyaman dan tidak takut tertipu mengenai keaslian batik yang dibelinya.

"Dan bagi peserta pameran telah berkomitmen di awal hanya menjual produk-produk yang asli yang dikerjakan dengan teknik batik, menggunakan lilin panas sebagai perintang warnanya yaitu terdiri dari batik cap, tulis maupun kombinasi dari cap dan tulis," jelas dia.

Pada kesempatan tersebut, tim kurator memilih tiga peserta pameran dengan Display Terbaik. Di mana Pendoro Batik Tulis berada di urutan pertama, disusul Batik Sekar Kedaton di urutan kedua, dan display terbaik ketiga panitia memilih Noorani Batik.

Tidak hanya itu, kurator juga memberikan penghargaan khusus kepada Barang Barong Setiawati sebagai Stan Budaya. Dari masing-masing peserta yang mendapat penghargaan diberikan sertifikat.

"Sebagai orang yang belajar untuk menguri warisan lelulur wadah ini saya ingin menjadi harapan kepada generasi muda ke depan. Warisan ini disesuaikan dengan budaya nusantara bisa membangun budaya untuk generasi muda mendatang," ungkap Nunuk Setiawati Susanto dari Barang Barong Setiawati. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Pertanian

Kapal Ternak Solusi Memperlancar Distribusi Sapi Lokal dari Produsen ke Konsumen

JAKARTA JURNAL IBUKOTA: Kapal khusus angkutan ternak Camara Nusantara I (CN 1) merupakan salah satu wujud implementasi Tol Laut yang mengangkut ternak dari daerah sentra produsen ke daerah konsumen. Fini Murfiani selaku Direktur Pengolahan dan Pemasaran hasil Peternakan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian menyampaikan, keberadaan kapal ternak bertujuan untuk mendukung program pemenuhan pangan asal ternak, dan menjamin kelangsungan pendistribusian ternak melalui angkutan laut dengan kaidah animal welfare dari Provinsi NTT sampai ke DKI Jakarta dan sekitarnya.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Perhutanan Sosial: Masyarakat Dapat Akses Legal Kelola Kawasan Hutan

Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).

Read more...

Transportasi

Akses Keluar via GT Karawang Barat 2 Jalan Tol Jakarta-Cikampek Kembali Normal

AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Dwimawan Heru mengatakan setelah pada pukul 09.35 WIB pagi tadi Gerbang Tol (GT) Karawang Barat 2 dibuka kembali untuk kendaraan kecil, kendaraan besar juga telah dapat melintasi GT Karawang Barat 2 sejak pukul 13.45 WIB sehingga saat ini akses kembali normal untuk dilewati seluruh pengguna jalan.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Dwimawan Heru mengatakan setelah pada pukul 09.35 WIB pagi tadi Gerbang Tol (GT) Karawang Barat 2 dibuka kembali untuk kendaraan kecil, kendaraan besar juga telah dapat melintasi GT Karawang Barat 2 sejak pukul 13.45 WIB sehingga saat ini akses kembali normal untuk dilewati seluruh pengguna jalan.

Read more...