yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Kemenkop dan UKM Kembangkan Industri Kentang Lewat Koperasi

BOGOR, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Koperasi dan UKM menggelar acara Focus Group Discussion (FGD) tentang Pemberdayaan Petani Kentang Melalui Penguatan Koperasi, di Kota Bogor, Selasa (20/2).

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Menteri Basuki Menerima Herman Johannes Award 2018

YOGYAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima Herman Johannes Award Tahun 2018 Bidang Infrastruktur dari Keluarga Alumni Teknik Universitas Gadjah Mada (Katgama). Para penerima penghargaan lainnya adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Bidang Kelautan, Almarhum Hardjoso Prodjopangarso di Bidang Teknologi Pengairan, Soebroto di Bidang Energi, dan Almarhum Hartarto Sastrosoenarto di Bidang Industri.

Read more...

"Warisan 2016" Jadi Momentum Lestarikan Budaya Batik Nusantara

Pameran Warisan 2016 disambut antusias masyarakat. Hal itu terlihat dengan banyaknya pengunjung yang datang ke lokasi acara untuk membeli batik yang menjadi pilihannya. PT Mediatama Binakreasi sebagai pihak penyelenggara mencatat bahwa pada tiga hari menjelang penutupan jumlah omzet yang sudah berhasil dibukukan mencapai Rp 490 juta.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Pameran Warisan 2016 disambut antusias masyarakat. Hal itu terlihat dengan banyaknya pengunjung yang datang ke lokasi acara untuk membeli batik yang menjadi pilihannya. PT Mediatama Binakreasi sebagai pihak penyelenggara mencatat bahwa pada tiga hari menjelang penutupan jumlah omzet yang sudah berhasil dibukukan mencapai Rp 490 juta.

 

"Pengunjung merasa bahwa pameran ini memang yang ditunggu dan memberikan manfaat bagi mereka. Kita berharap semoga tahun depan bisa lebih baik lagi," ujar Direktur PT Mediatama Binakreasi, Umi Noor dalam jumpa pers penutupan Pameran Warisan 2016 di gedung JCC, Jakarta, Minggu (28/8/2016).

Pameran Warisan 2016 akan ditutup pada sore ini, setelah sebelumnya resmi dibuka oleh Ibu Mufidah Jusuf Kalla, pada Kamis, 25 Agustus 2016. Pameran batik ternama ini baru pertama kali diadakan, dan rencananya akan hadir setiap tahun.

"Idenya sudah ada sejak tiga tahun lalu, dan alhamdulillah antusias banyak terbukti pengunjung dan transaksi yang kami catat. Jadi itu menjadikan kami terharu dan apa ide kami untuk memajukan industri batik bisa terjawab," kata Umi Noor.

Pameran batik ini melibatkan kurator yang kompeten di bidang batik. Di mana setiap peserta pameran dikurasi produk batiknya, sehingga originalitas batik yang dijual di pameran ini mendapatkan garansi keaslian bahwa batiknya dibuat dengan teknik batik dan bukan printing atau sablon.

"Dengan demikian melalui Pameran Warisan ini maka citra batik nasional sebagai produk budaya luhur bangsa akan tetap terjag kemurniannya," ucap Ketua Tim Kurator Komarudin Kudiya.

Menurut Komarudin, pameran ini memberikan edukasi yang sangat berharga bagi pedagang batik maupun bagi para pembeli batik tersebut, sehingga pembeli akan merasa nyaman dan tidak takut tertipu mengenai keaslian batik yang dibelinya.

"Dan bagi peserta pameran telah berkomitmen di awal hanya menjual produk-produk yang asli yang dikerjakan dengan teknik batik, menggunakan lilin panas sebagai perintang warnanya yaitu terdiri dari batik cap, tulis maupun kombinasi dari cap dan tulis," jelas dia.

Pada kesempatan tersebut, tim kurator memilih tiga peserta pameran dengan Display Terbaik. Di mana Pendoro Batik Tulis berada di urutan pertama, disusul Batik Sekar Kedaton di urutan kedua, dan display terbaik ketiga panitia memilih Noorani Batik.

Tidak hanya itu, kurator juga memberikan penghargaan khusus kepada Barang Barong Setiawati sebagai Stan Budaya. Dari masing-masing peserta yang mendapat penghargaan diberikan sertifikat.

"Sebagai orang yang belajar untuk menguri warisan lelulur wadah ini saya ingin menjadi harapan kepada generasi muda ke depan. Warisan ini disesuaikan dengan budaya nusantara bisa membangun budaya untuk generasi muda mendatang," ungkap Nunuk Setiawati Susanto dari Barang Barong Setiawati. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Pendidikan dan Kebudayaan

Menteri Basuki Raih Herman Johannes Award 2018

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima Herman Johannes Award Tahun 2018 Bidang Infrastruktur dari Keluarga Alumni Teknik Universitas Gadjah Mada (Katgama). Para penerima penghargaan lainnya adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Bidang Kelautan, Almarhum Hardjoso Prodjopangarso di Bidang Teknologi Pengairan, Soebroto di Bidang Energi, dan Almarhum Hartarto Sastrosoenarto di Bidang Industri.

MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima Herman Johannes Award Tahun 2018 Bidang Infrastruktur dari Keluarga Alumni Teknik Universitas Gadjah Mada (Katgama). Para penerima penghargaan lainnya adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Bidang Kelautan, Almarhum Hardjoso Prodjopangarso di Bidang Teknologi Pengairan, Soebroto di Bidang Energi, dan Almarhum Hartarto Sastrosoenarto di Bidang Industri.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Kemenko PMK Dorong Optimalisasi Ekonomi Desa Melalui Bidang Pertanian

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Staf Ahli Menteri Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan Ekonomi Kreatif dan Ketenagakerjaan, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Sidqy Leggo Pangesthi Suyitno mengatakan, perlu sekali pemerintah mendorong optimalisasi potensi ekonomi desa melalui bidang pertanian.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Menko Puan: Diperlukan Kesadaran untuk Mencegah Kebakaran Hutan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan perlu sekali upaya bersama untuk membangun kesadaran dalam mencegah kebakaran hutan, kebun dan lahan pada tahun 2018 mendatang.

Read more...

Transportasi

Lampaui Target, Jasa Marga Peroleh Skor 725,5 dalam KPKU tahun 2017

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh skor 725,5 dalam Kriteria Penilaian Kinerja Umum (KPKU) tahun 2017 yang digelar oleh Forum Ekselen BUMN (FEB). Skor tersebut mengalami peningkatan dibandingkan skor yang diperoleh oleh Jasa Marga pada KPKU tahun 2016, yakni dengan raihan skor sebesar 688,5 dan telah berhasil melampaui target dari penilaian KPKU tahun 2017 yaitu 696.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh skor 725,5 dalam Kriteria Penilaian Kinerja Umum (KPKU) tahun 2017 yang digelar oleh Forum Ekselen BUMN (FEB). Skor tersebut mengalami peningkatan dibandingkan skor yang diperoleh oleh Jasa Marga pada KPKU tahun 2016, yakni dengan raihan skor sebesar 688,5 dan telah berhasil melampaui target dari penilaian KPKU tahun 2017 yaitu 696.

Read more...