yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Kemenkop dan UKM Optimistis Pemberdayaan KUMKM yang Efektif Mampu Kurangi Kesenjangan

PEKANBARU, JURNAL IBUKOTA: Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM merasa optimistis dengan pemberdayaan koperasi dan UMKM yang efektif akan mampu menanggulangi masalah kemiskinan, pengganguran dan penciptaan lapangan kerja, serta mengurangi kesenjangan ekonomi.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Refly Harun Berharap Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Jadi Cikal Bakal Trans Kalimantan

BALIKPAPAN, JURNAL IBUKOTA: Percepatan pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dengan total panjang jalan tol 99,35 Km terus dilakukan. Hingga pertengahan November 2017, proyek yang dikelola oleh Anak Usaha Jasa Marga, PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (PT JBS), menunjukkan progres positif. Komisaris Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Refly Harun, optimistis jalan tol pertama di Kalimantan tersebut dapat beroperasi penuh pada akhir tahun 2018 mendatang dan diharapkan dapat menjadi cikal bakal Trans Kalimantan.

Read more...

Islamic Tourism Expo 2017 Jadi Medium Bisnis

Islamic Tourism Expo 2017 diharapkan jadi medium bisnis baik antarinstitusi maupun institusi ke konsumen. Apalagi, mayoritas peserta ekspo adalah pelaku bisnis internasional.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Islamic Tourism Expo 2017 diharapkan jadi medium bisnis baik antarinstitusi maupun institusi ke konsumen. Apalagi, mayoritas peserta ekspo adalah pelaku bisnis internasional.

 

Direktur People Hajj Bambang Hamid mengatakan, ekspo ini akan berlangsung hingga Kamis (12/10) di Mall Kota Kasablanka. Dengan 105 peserta, ekspo ini diharapkan dapat menjadi medium bisnis antar institusi usaha maupun antara institusi dengan konsumen langsung. ”Kami harap acara ini bisa jadi peluang bisnis dan membawa berkah untuk semua,” kata Bambang, Selasa (10/10).

Sebagai penyelenggara, Hajj People sadar Islamic Tourism Expo 2017 tidak ada tanpa dukungan semua pihak. Ada 66 peserta internasional dan 39 peserta nasional dalam ekspo ini. Mereka berasal dari berbagai kalangan terkait haji dan umrah termasuk perbankan syariah, hotel, transportasi, penyedia, visa, PPIU, catering, dan biro wisata.

Dalam acara ini ada juga ada sejumlah peserta antara lain BPKH Stakeholders Forum, World Hajj Forum yang menghadirkan 11 negara, pelatihan layanan bank syariah dan sukuk negara, serta konsorsium tur Muslim. Ada pula pameran Alquran dari Bait Alquran TMII.

Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi menyatakan apresiasi atas penyelenggaraan acara ini.

Saat ini, Indonesia merupakan negara kedua terbanyak di dunia dalam pengiriman jemaah Umroh. Data terakhir menunjukkan jumlah jamaah umroh mencapai 800 ribu per tahun. Tak heran, jika Indonesia menjadi pasar yang sangat potensial bagi para pelaku bisnis di industri travel umroh, perbankan, hotel, penerbangan, dan sebagainya.

Menurut Bambang Hamid, Direktur Hajj People Indonesia, "Pameran ini digelar sebagai wujud komitmen kami untuk mendukung pengembangan pelaksanaan Umroh dan Wisata Islami di Indonesia. Termasuk, mengedukasi masyarakat dalam memperoleh informasi bisnis layanan umroh serta wisata muslim secara transparan dan profesional."

Pameran Islamic Tourism Expo 2017 dimeriahkan dengan penampilan sejumlah artis papan atas Indonesia seperti Rossa dan Fatin, hingga aneka door prize berupa tiket jalan-jalan, paket umrah gratis, serta Grand Prize 1 Buah Mobil. "Pameran ini juga akan menghadirkan Koleksi Al-Qur’an Terbesar, Terkecil, Terindah, dan Tertua serta koleksi mushaf-mushaf Al-Qur’an kuno dari seluruh Nusantara dan berbagai negara," tuturnya.

Diakui Bambang, pameran ini juga menjadi ajang transaksi B2B (Business to Business) dan B2C (Business to Consumer). Sebab, di sana para pelaku bisnis dapat mengikuti forum bisnis, business meeting, hingga diskusi antara para pengelola haji dan umroh. Untuk end user atau konsumen, penyelenggara juga menghadirkan pelatihan perbankan syariah serta seminar pengembangan wisata muslim. "Kami berharap pameran ini dapat menjadi peluang bisnis bagi para peserta pameran atau pelaku bisnis," ucapnya. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Pertanian

Kapal Ternak Solusi Memperlancar Distribusi Sapi Lokal dari Produsen ke Konsumen

JAKARTA JURNAL IBUKOTA: Kapal khusus angkutan ternak Camara Nusantara I (CN 1) merupakan salah satu wujud implementasi Tol Laut yang mengangkut ternak dari daerah sentra produsen ke daerah konsumen. Fini Murfiani selaku Direktur Pengolahan dan Pemasaran hasil Peternakan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian menyampaikan, keberadaan kapal ternak bertujuan untuk mendukung program pemenuhan pangan asal ternak, dan menjamin kelangsungan pendistribusian ternak melalui angkutan laut dengan kaidah animal welfare dari Provinsi NTT sampai ke DKI Jakarta dan sekitarnya.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Perhutanan Sosial: Masyarakat Dapat Akses Legal Kelola Kawasan Hutan

Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).

Read more...

Transportasi

Penyesuaian Tarif Tol Ruas Cikupa-Merak 21 November 2017 Pukul 00.00 WIB

Berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 896/KPTS/M/2017 tanggal 13November 2017 tentang Penyesuaian Tarif Tol Pada Jalan Tol Tangerang-Merak, maka pada 21 November 2017, mulai pukul 00.00 WIB akan diberlakukan tarif tol yang telah disesuaikan.TANGERANG, JURNAL IBUKOTA: Berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 896/KPTS/M/2017 tanggal 13November 2017 tentang Penyesuaian Tarif Tol Pada Jalan Tol Tangerang-Merak, maka pada 21 November 2017, mulai pukul 00.00 WIB akan diberlakukan tarif tol yang telah disesuaikan.

Read more...