yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Mengembalikan Peran Koperasi Perikanan sebagai penyelenggara pelelangan ikan di TPI

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Sejak berlakunya Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, penyelengaraan pelelangan ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang sebelumnya dilakukan oleh koperasi diambil alih oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD). Dari 144 koperasi perikanan penyelenggara pelelangan ikan di pulau Jawa, tinggal 48 koperasi perikanan sebagai penyelenggara pelelangan ikan di TPI, sisanya 96 koperasi perikanan sudah tidak sebagai penyelenggara pelelangan ikan di TPI dan ini berdampak pada penurunan kinerja koperasi perikanan, yang kurang maksimal dalam memberikan pelayanan kepada nelayan anggotanya.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

15 Venue Olahraga di Kompleks GBK Sudah Rampung

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Wakil Presiden Jusuf Kalla selaku Ketua Pengarah Panitia Nasional Penyelenggaraan Asian Games XVIII tahun 2018 atau disebut Panitia Nasional Inasgoc (Indonesia Asian Games Organizing Committee) memimpin rapat koordinasi kesiapan penyelenggaraan Asian Games XVIII di Wisma Serbaguna, Gedung INASGOC, Senayan Jakarta, Senin (19/2/2018). 

Read more...

Berita TNI

Aksi heroik Praka Yunanto menggagalkan Curanmor

Seorang warga Kampung Makasar Jakarta Timur, Sujiati (43), hampir saja kehilangan sepeda motornya yang diparkir di depan rumahnya. Namun berkat aksi heroik dan keberanian anggota TNI berdinas di satuan Pendam Jaya (Kodam Jaya) Praka Yunanto, aksi kejahatan tersebut berhasil digagalkan saat pelaku yang berinisial Er dan Pra berusaha membawa motor hasil curiannya, Rabu (12/7/2017).JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Seorang warga Kampung Makasar Jakarta Timur, Sujiati (43), hampir saja kehilangan sepeda motornya yang diparkir di depan rumahnya. Namun berkat aksi heroik dan keberanian anggota TNI berdinas di satuan Pendam Jaya (Kodam Jaya) Praka Yunanto, aksi kejahatan tersebut berhasil digagalkan saat pelaku yang berinisial Er dan Pra berusaha membawa motor hasil curiannya, Rabu (12/7/2017).

 

Kejadian berawal, saat pelaku berhasil membobol paksa motor dengan kunci letter T miliknya, korban yang mengetahui aksi tersebut, kemudian berteriak maling. Melihat aksinya diketahui korban, pelaku yang panik tancap gas membawa lari motor korban ke arah Pondok Gede. Kemudian setelah Praka Yunanto mengetahui ada curanmor ia berusaha mengejar persis di depan Service AC Jaya dekat patung Kuda Pondok Gede, terjadilah kecelakaan antara motor curian dengan pengendara motor lainnya dan sempat menyerempet mobil yang kebetulan sedang parkir di Bengkel Service AC Jaya Mobil. Namun, sesampainya di Jalan Raya Pondok Gede, tepatnya di depan Kompleks Dirgantara I Halim Perdana Kusuma, motor yang dikendarai pelaku menabrak sepeda motor dan mobil.

Ketika pelaku berusaha melarikan diri dari kejaran warga, Praka Yunanto dengan sigap berhasil meringkus salah satu pelaku yang siap dengan senjata tajamnya yakni Erwinsyah. Sedangkan Prayogan rekan pelaku berhasil kabur menggunakan motor lainnya. Tanpa berpikir langsung ambil tindakan cepat, pelaku lari kabur masuk gang, fokus tanpa ragu Praka Yunanto melumpuhkan pelaku dengan Pukulan di Bagian Ulu Hati dan Rahang, pelaku jatuh terkapar tidak bisa bernafas. Saat ini juga tangan pelaku diikat menggunakan Tali Pinggang. Karena banyaknya warga yang emosi terhadap pelaku, akhirnya pelaku sempat menerima beberapa pukulan dari warga yang membuat wajahnya lebam.

Praka Yunanto mengatakan, begitu saya mendengar Ibu Sujiati berteriak maling, naluri saya langsung tergerak untuk menolong. “Saya kejar kedua pelaku, saat keduanya menabrak motor dan mobil, itulah kesempatan bagi saya untuk meringkus mereka, satu orang berhasil tertangkap, dan sempat dihakimi massa karena emosi terhadap pelaku, tetapi satu temannya berhasil melarikan diri,” Ujar Yunanto.

Praka Yunanto berusaha menenangkan warga untuk tidak main hakim sendiri dan meminta kepada warga untuk menyerahkan pelaku kepada pihak yang berwajib (Polri). “Mohon Bapak – Bapak tenang jangan emosi yang terpenting pelaku sudah berhasil kita lumpuhkan”, “untuk itu kita serahkan saja kepada yang berwenang yaitu Polri” ujar Yunanto sambil menenangkan warga. Selanjutnya Praka Yunanto mengamankan Barang bukti berupa satu unit motor Honda Beat Nopol B 4968 TLT , telepon genggam, satu buah dompet berisi uang Rp. 100,00, kartu kesehatan, satu pisau dapur dan lima buah mata kunci letter T. Langsung melakukan Call Center 110 untuk melaporkan kejadian, tak lama kemudia sekitar 40 menit rekan Polri datang atas nama Aiptu Bambang Suprapto (Polres Makasar dekat Tamini Squar). Kemudian Praka Yunanto menyerahkan tersangka beserta barang bukti tersebut kepada Aiptu Bambang Suprapto dengan aman.

Sementara itu, Sujiati yang menjadi korban pencurian sangat bersyukur dan berterima kasih atas bantuan Prajurit TNI AD. Berkat keberanian Praka Yunanto, pencurian motornya dapat digagalkan. “Saat motor saya dilarikan oleh kedua orang pencuri tersebut, saya langsung berteriak maling, dan didengar oleh bapak TNI yang langsung mengejar kedua pencuri sepeda motor tersebut, alhamdulillah salah satu pencurinya tertangkap, dan motor saya selamat dari pencurian,” ujar Sujiati bersyukur. Terimakasih Pak Tentara. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Pendidikan dan Kebudayaan

Presiden Jokowi Tinjau Program Kotaku di Ambon

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau pelaksanaan Program Padat Karya Tunai Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kelurahan Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Provinsi Maluku, Rabu pagi (14/2/2018). Turut hadir Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Gubernur Maluku Said Assagaff.

PRESIDEN Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau pelaksanaan Program Padat Karya Tunai Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kelurahan Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Provinsi Maluku, Rabu pagi (14/2/2018). Turut hadir Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Gubernur Maluku Said Assagaff. 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Kemenko PMK Dorong Optimalisasi Ekonomi Desa Melalui Bidang Pertanian

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Staf Ahli Menteri Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan Ekonomi Kreatif dan Ketenagakerjaan, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Sidqy Leggo Pangesthi Suyitno mengatakan, perlu sekali pemerintah mendorong optimalisasi potensi ekonomi desa melalui bidang pertanian.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Menko Puan: Diperlukan Kesadaran untuk Mencegah Kebakaran Hutan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan perlu sekali upaya bersama untuk membangun kesadaran dalam mencegah kebakaran hutan, kebun dan lahan pada tahun 2018 mendatang.

Read more...

Transportasi

Lampaui Target, Jasa Marga Peroleh Skor 725,5 dalam KPKU tahun 2017

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh skor 725,5 dalam Kriteria Penilaian Kinerja Umum (KPKU) tahun 2017 yang digelar oleh Forum Ekselen BUMN (FEB). Skor tersebut mengalami peningkatan dibandingkan skor yang diperoleh oleh Jasa Marga pada KPKU tahun 2016, yakni dengan raihan skor sebesar 688,5 dan telah berhasil melampaui target dari penilaian KPKU tahun 2017 yaitu 696.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh skor 725,5 dalam Kriteria Penilaian Kinerja Umum (KPKU) tahun 2017 yang digelar oleh Forum Ekselen BUMN (FEB). Skor tersebut mengalami peningkatan dibandingkan skor yang diperoleh oleh Jasa Marga pada KPKU tahun 2016, yakni dengan raihan skor sebesar 688,5 dan telah berhasil melampaui target dari penilaian KPKU tahun 2017 yaitu 696.

Read more...