yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Gerakan Inovasi Koperasi dan UKM di Kulonprogo Dapat Pengakuan Dunia

NEW YORK, JURNAL IBUKOTA: Gerakan inovasi untuk koperasi dan bisnis usaha kecil dan menengah (UKM) di Kulonprogo, DI Yogyakarta telah mendapatkan pengakuan dunia dalam forum PBB.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Pekerjaan Perbaikan Jalan Dihentikan H-10 hingga H+10 Lebaran

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kesiapan infrastruktur jalan baik jalan tol dan non tol dalam menghadapi arus mudik tahun 2018 lebih baik dari tahun 2017. Tingkat kemantapan jalan nasional yang menjadi jalur mudik mencapai 90%.  

Read more...

Berita TNI

Aksi heroik Praka Yunanto menggagalkan Curanmor

Seorang warga Kampung Makasar Jakarta Timur, Sujiati (43), hampir saja kehilangan sepeda motornya yang diparkir di depan rumahnya. Namun berkat aksi heroik dan keberanian anggota TNI berdinas di satuan Pendam Jaya (Kodam Jaya) Praka Yunanto, aksi kejahatan tersebut berhasil digagalkan saat pelaku yang berinisial Er dan Pra berusaha membawa motor hasil curiannya, Rabu (12/7/2017).JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Seorang warga Kampung Makasar Jakarta Timur, Sujiati (43), hampir saja kehilangan sepeda motornya yang diparkir di depan rumahnya. Namun berkat aksi heroik dan keberanian anggota TNI berdinas di satuan Pendam Jaya (Kodam Jaya) Praka Yunanto, aksi kejahatan tersebut berhasil digagalkan saat pelaku yang berinisial Er dan Pra berusaha membawa motor hasil curiannya, Rabu (12/7/2017).

 

Kejadian berawal, saat pelaku berhasil membobol paksa motor dengan kunci letter T miliknya, korban yang mengetahui aksi tersebut, kemudian berteriak maling. Melihat aksinya diketahui korban, pelaku yang panik tancap gas membawa lari motor korban ke arah Pondok Gede. Kemudian setelah Praka Yunanto mengetahui ada curanmor ia berusaha mengejar persis di depan Service AC Jaya dekat patung Kuda Pondok Gede, terjadilah kecelakaan antara motor curian dengan pengendara motor lainnya dan sempat menyerempet mobil yang kebetulan sedang parkir di Bengkel Service AC Jaya Mobil. Namun, sesampainya di Jalan Raya Pondok Gede, tepatnya di depan Kompleks Dirgantara I Halim Perdana Kusuma, motor yang dikendarai pelaku menabrak sepeda motor dan mobil.

Ketika pelaku berusaha melarikan diri dari kejaran warga, Praka Yunanto dengan sigap berhasil meringkus salah satu pelaku yang siap dengan senjata tajamnya yakni Erwinsyah. Sedangkan Prayogan rekan pelaku berhasil kabur menggunakan motor lainnya. Tanpa berpikir langsung ambil tindakan cepat, pelaku lari kabur masuk gang, fokus tanpa ragu Praka Yunanto melumpuhkan pelaku dengan Pukulan di Bagian Ulu Hati dan Rahang, pelaku jatuh terkapar tidak bisa bernafas. Saat ini juga tangan pelaku diikat menggunakan Tali Pinggang. Karena banyaknya warga yang emosi terhadap pelaku, akhirnya pelaku sempat menerima beberapa pukulan dari warga yang membuat wajahnya lebam.

Praka Yunanto mengatakan, begitu saya mendengar Ibu Sujiati berteriak maling, naluri saya langsung tergerak untuk menolong. “Saya kejar kedua pelaku, saat keduanya menabrak motor dan mobil, itulah kesempatan bagi saya untuk meringkus mereka, satu orang berhasil tertangkap, dan sempat dihakimi massa karena emosi terhadap pelaku, tetapi satu temannya berhasil melarikan diri,” Ujar Yunanto.

Praka Yunanto berusaha menenangkan warga untuk tidak main hakim sendiri dan meminta kepada warga untuk menyerahkan pelaku kepada pihak yang berwajib (Polri). “Mohon Bapak – Bapak tenang jangan emosi yang terpenting pelaku sudah berhasil kita lumpuhkan”, “untuk itu kita serahkan saja kepada yang berwenang yaitu Polri” ujar Yunanto sambil menenangkan warga. Selanjutnya Praka Yunanto mengamankan Barang bukti berupa satu unit motor Honda Beat Nopol B 4968 TLT , telepon genggam, satu buah dompet berisi uang Rp. 100,00, kartu kesehatan, satu pisau dapur dan lima buah mata kunci letter T. Langsung melakukan Call Center 110 untuk melaporkan kejadian, tak lama kemudia sekitar 40 menit rekan Polri datang atas nama Aiptu Bambang Suprapto (Polres Makasar dekat Tamini Squar). Kemudian Praka Yunanto menyerahkan tersangka beserta barang bukti tersebut kepada Aiptu Bambang Suprapto dengan aman.

Sementara itu, Sujiati yang menjadi korban pencurian sangat bersyukur dan berterima kasih atas bantuan Prajurit TNI AD. Berkat keberanian Praka Yunanto, pencurian motornya dapat digagalkan. “Saat motor saya dilarikan oleh kedua orang pencuri tersebut, saya langsung berteriak maling, dan didengar oleh bapak TNI yang langsung mengejar kedua pencuri sepeda motor tersebut, alhamdulillah salah satu pencurinya tertangkap, dan motor saya selamat dari pencurian,” ujar Sujiati bersyukur. Terimakasih Pak Tentara. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Tinjau TPS R3 Citarik Pel. Ratu

Setelah meninjau kegiatan Padat Karya Tunai (PKT) di Desa Pasir Suren, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi PKT kedua yakni Desa Citarik Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu 8 April 2018. Dalam kunjungan tersebut Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Desa dan PDDT Eko Sandjojo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Di Desa Citarik, Presiden Jokowi juga berkesempatan meninjau Tempat Pengolahan Sampah yang menggunakan sistem reduce, reuse, recycle atau dikenal TPS-3R. Pembangunan TPS-3R dilakukan tahun 2016, oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya dengan anggaran Rp 550 juta.SETELAH meninjau kegiatan Padat Karya Tunai (PKT) di Desa Pasir Suren, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi PKT kedua yakni Desa Citarik Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu 8 April 2018. Dalam kunjungan tersebut Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Desa dan PDDT Eko Sandjojo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Di Desa Citarik, Presiden Jokowi juga berkesempatan meninjau Tempat Pengolahan Sampah yang menggunakan sistem reduce, reuse, recycle atau dikenal TPS-3R. Pembangunan TPS-3R dilakukan tahun 2016, oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya dengan anggaran Rp 550 juta.

 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Refokusing Pembangunan Peternakan untuk Wujudkan Swasembada Protein Hewani dan Pengentasan Kemiskinan

BOGOR, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, arah pembangunan peternakan dan kesehatan hewan  saat ini fokus untuk mewujudkan swasembada protein hewani dan pengentasan kemiskinan untuk masyarakat di pedesaan. Hal tersebut disampaikan saat membuka acara Rapat Koordinasi Teknis Nasional (Rakonteknas) Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan hari ini Senin tanggal 16 April 2018 di IPB Internasional Convention Center Bogor.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

KLHK Tegas Tangani Kasus Pencemaran Lingkungan

Direktur Jenderal Gakkum LHK Rasio Ridho Sani mengatakan sejak tahun 2015, KLHK melalui Direktorat Jenderal Penegakan Hukum (Gakkum) LHK telah melakukan penanganan 2.052 pengaduan, dan pengawasan terhadap 462 perusahaan, yang meliputi 1.544 perizinan lingkungan. Sedangkan, khusus kasus terkait limbah bahan beracun dan berbahaya (B3), telah diterbitkan sanksi administratif pada 61 perusahaan, proses penegakan hukum pidana sebanyak 65 kasus, dan 9 kasus di antaranya telah siap untuk disidangkan di pengadilan.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Direktur Jenderal Gakkum LHK Rasio Ridho Sani mengatakan sejak tahun 2015, KLHK melalui Direktorat Jenderal Penegakan Hukum (Gakkum) LHK telah melakukan penanganan 2.052 pengaduan, dan pengawasan terhadap 462 perusahaan, yang meliputi 1.544 perizinan lingkungan. Sedangkan, khusus kasus terkait limbah bahan beracun dan berbahaya (B3), telah diterbitkan sanksi administratif pada 61 perusahaan, proses penegakan hukum pidana sebanyak 65 kasus, dan 9 kasus di antaranya telah siap untuk disidangkan di pengadilan.

Read more...

Transportasi

Dalam Waktu Dekat, Akan Diimplementasikan Satu Tarif Merata di Ruas Jalan Tol Semarang Seksi A-B-C

Sebagai bagian dari upaya peningkatan pelayanan transaksi kepada pengguna jalan tol, dalam waktu dekat akan diberlakukan sistem pentarifan merata dengan tarif tunggal di Jalan Tol Semarang Seksi A-B-C.SEMARANG, JURNAL IBUKOTA :  Sebagai bagian dari upaya peningkatan pelayanan transaksi kepada pengguna jalan tol, dalam waktu dekat akan diberlakukan sistem pentarifan merata dengan tarif tunggal di Jalan Tol Semarang Seksi A-B-C.

Read more...