yt-banner1
yt-banner2

Pertanian

Dirjen PKH I Ketut Diarmita : Ketahanan Pangan Berarti Kemampuan Membeli Pangan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA.COM: Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian I Ketut Diarmita mengatakan Ketahanan pangan tidak hanya mencakup pengertian ketersediaan pangan yang cukup, tapi juga kemampuan untuk mengaksesnya (termasuk membeli) pangan dan tidak terjadinya ketergantungan pangan pada pihak mana pun.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Info Jalur Mudik dari Siaga Sapta Taruna 26 Juni 2017; Pukul 10.40

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Berikut ini laporan dari Info Siaga Sapta Taruna Ditjen Bina Marga - Kementerian PUPR  pada 26 Juni 2017 hingga. Pukul 10:40.

 

A. Jalan Tol

1. Tol Lingkar Timur: Padat Merayap TMII-Cikunir. Ada kecelakaan di Cikunir.

2. Tol Cikampek: Padat Merayap KM.16 - Rest Area KM. 62. Ada kecelakaan 1 KM setelah Cikunir arah Cikampek

Read more...

Berita TNI

TNI AL Gelar Gathering Menembak untuk Tingkatkan Silaturahmi dengan Media

Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. saat membidik sasaran dalam kegiatan menembak bersama dengan kalangan media massa. (Foto : Dispenal)JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM:  Guna meningkatkan sinergitas, kemitraan dan silaturahmi dengan media massa, TNI AL kembali menggelar media gathering lomba menembak pistol dengan para insan media di lapangan tembak “Antares”, Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap, Jakarta Timur. 

 

Acara yang diprakarsai oleh Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal) ini dihadiri oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E, M.A.P., Jumat (6/11/2015).

Menurut Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI M. Zainudin, S.E., M.M. media gathering ini merupakan program kerja Dispenal Tahun 2015 sekaligus sebagai ajang silaturahmi dengan media massa yang selama ini banyak meliput dan memberitakan tentang kinerja TNI AL. 

“Diharapkan dengan diselenggarakannya media gathering lomba menembak pistol dapat mempererat sinergitas dan kerja sama yang telah terjalin baik selama ini,” katanya.

Media gathering yang dihadiri 42 wartawan dan sejumlah pemimpin redaksi media massa tersebut mengambil tema “Bersama Selamanya”, serta dihadiri pula oleh Wakasal Laksamana Madya TNI Widodo, S.E., M.sc, para Asisten Kasal, Koorsahli Kasal, serta para perwira tinggi TNI AL lainnya. 

Para pemenang lomba menembak saat salam komando bersama Koorsahli Kasal  Laksda TNI Didik Wahyudi, S.E. (paling kiri), Laksda TNI Karma Suta (tengah), dan Kadispenal Laksma TNI M. Zainudin, S.H, M.M (paling kanan). (Foto : Dispenal)Pada kesempatan tersebut, Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. dalam sambutannya menjelaskan tentang penggunaan senjata api di lingkungan TNI AL. Menurut Kasal, TNI AL akan terus meningkatkan pembinaan kepada para prajuritnya, khususnya dalam penggunaan senjata agar tidak terjadi penyalahgunaan senjata api. 

“Sesuai instruksi Panglima TNI penggunaan senjata prajurit selalu diatur, dievaluasi dan juga tes kejiwaan secara berkala,” katanya. 

Selain itu, lanjut Kasal, yang menggunakan senjata api harus punya surat izin. “Para atasan juga sebelum mengajukan izin wajib mengevaluasi perilaku prajurit yang akan menerima senjata itu. Penggunaan senjata harus terkontrol, baik senjata untuk jabatan tertentu, untuk tugas operasi maupun untuk tugas-tugas khusus," jelas Kasal.

Pada bagian lain Kasal mengungkapkan bahwa agar lebih mempererat hubungan antara media massa dengan TNI AL, TNI AL akan berusaha menggelar ajang seperti ini secara periodik. 

“Acara akan dikemas sedemikian rupa, bukan hanya menembak saja, bisa juga latihan diving atau joy sailing dengan kapal perang agar para jurnalis lebih mengenal tugas pokok TNI AL,” tambah Kasal.

Acara media gathering lomba menembak pistol dengan jarak 25 meter menggunakan pistol Tanfoglio  semiautomatic firearms STOCK II limited produksi pabrikan Italia, di mana pistol ini banyak dipakai di kalangan militer karena flesibilitas dan keunggulannya yang tidak saja digunakan untuk tempur atau pertahanan diri tetapi juga untuk kompetisi olahraga.  

Keluar sebagai juara pertama lomba menembak dengan nilai tertinggi diraih oleh Joko, wartawan Radio Elshinta, juara kedua diraih oleh Cipto dari SindoNews, serta juara ketiga diraih Mahya Ramdhani dari Harian Pelita. (Agus) 

 

primi sui motori con e-max

Pendidikan dan Kebudayaan

Hilmar Farid: UU Pemajuan Kebudayaan No. 5/2017 untuk Meningkatkan Ketahanan Budaya Indonesia

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid mengatakan pemajuan kebudayaan bertujuan untuk meningkatkan ketahanan budaya dan kontribusi budaya Indonesia di tengah peradaban dunia. 

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pelaku Perdagangan Ilegal Trenggiling Ditangkap di Medan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Penyidik dan Satuan Polisi Kehutanan Reaksi Cepat (SPORC) Balai Penegakan Hukum Wilayah Sumatera, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), berhasil menggagalkan kegiatan perdagangan illegal satwa liar dilindungi di Medan, Provinsi Sumatera Utara. Sebanyak 225 ekor trenggiling, 5 (lima) karung kulit /sisik trenggiling kering,  dan 4 (empat) kulit/sisik trenggiling basah, yang diperkirakan bernilai lebih dari Rp. 2,5 Miliar, telah disita dari pelaku yang ditangkap hari Selasa (13/06/2017).

Read more...

Transportasi

Tambah Kapasitas Gerbang Tol, Jasa Marga Buka 20 Gardu Tol Arah Cikampek

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Volume lalu-lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek sore ini Pukul 18.30 WIB Senin (26/6) terpantau mengalami peningkatan yang mengakibatkan kepadatan lalu-lintas kendaraan menuju arah Cikampek. Adapun kepadatan merupakan dampak volume lalu lintas.

Read more...