yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Buka Smesco Rembug Kopi Nasional, Puspayoga Lepas Ekspor Kopi Bali ke Korea

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Untuk meningkatkan pemasaran kopi di kancah domestik maupun internasional, Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (LLP-KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM, menyelenggarakan Smesco Rembug Kopi Nasional 2019 pada 20-22 September 2019. Acara dibuka oleh Menteri Koperasi dan UKM, AAGN Puspayoga.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Kementerian PUPR Gunakan Teknologi Bendung Modular pada Jaringan Irigasi Sungai Gugubali Maluku Utara

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) menggunakan teknologi Bendung Modular untuk menaikan tinggi muka air Sungai Gugubali sehingga bisa dimanfaatkan mengairi saluran irigasi di Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara. Teknologi ini dikembangkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air (Pusair) Ditjen SDA Kementerian PUPR dan telah terdaftar secara paten di Direktorat Jenderal (Ditjen) HAKI, Kementerian Hukum dan HAM. 

Read more...

Pertumbuhan UMKM Tekan Angka Kemiskinan

Keberpihakan pada UMKM harus lebih besar lagi di masa mendatang. Kontribusi UMKM bagi perekonomian bangsa sangat besar dan berperan menurunkan angka kemiskinan. BANDAR LAMPUNG, JURNAL IBUKOTA: Keberpihakan pada UMKM harus lebih besar lagi di masa mendatang. Kontribusi UMKM bagi perekonomian bangsa sangat besar dan berperan menurunkan angka kemiskinan. 

 

 

"Bicara tentang UMKM adalah bicara tentang nyawa bangsa.  UMKM, rohnya untuk mencapai 'Indonesia Emas' kelak," kata Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Rully Indrawan, Minggu (18/8). 

 

Hal itu disampaikan Rully saat membuka Sinergi Kementerian Koperasi dan UKM dengan Pemerintah Lampung, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Paguyuban Pasundan dalam Rangka Mendukung Ekspor di Lampung. Dalam sinergi tersebut dilakukan berbagai pelatihan bagi pelaku UMKM dan pemberian pembiayaan lewat LPDB-KUMKM kepada pelaku UMKM. 

 

Ia mengemukakan kontribusi UMKM bagi perekonomian bangsa sangat besar. Jumlah pelaku UMKM adalah 99,7 persen, dengan sumbangan PDB mencapai 60,34 persen. Adapun kontribusi total tenaga kerja 97 persen.  Sedangkan kontribusi ekspor masih 14,17 persen.  

 

Di sisi lain, Rully mengatakan UMKM masih menghadapi banyak masalah mulai permodalan, pemasaran dan lainnya. 

 

"Saya mendapat kiriman WA setiap hari dari pelaku UMKM yang mengeluhkan berbagai permasalahan yang dihadapi," katanya. 

Ia mengungkapkan sangat banyak pelaku UMKM terjerat oleh rentenir. "Kita sedih, usaha yang dikerjakan dari pagi sampai malam akhirnya disetor ke rentenir," kata Rully. 

 

Karena itu, ia mendukung kegiatan sinergi program dengan daerah dilaksanakan. Hal itu untuk mendorong kegiatan pengembangan UMKM di daerah segera terealisasi. 

 

Ia menegaskan keberpihakan pada UMKM harus lebih ditingkatkan lagi. Salah satunya, fakta perbankan hanya mampu menyediakan pembiayaan sebesar 19 persen bagi UMKM. Itu artinya hanya 12 persen saja UMKM yang mampu mengakses perbankan. Selebihnya mereka mengakses pembiayaan dari modal sendiri, meminjam dari rentenir dan lainnya. 

 

Rully mengemukakan pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam beberapa tahun terakhir hanya di kisaran lima persen. Padahal, jika kontribusi UMKM meningkat, pertumbuhan ekonomi nasional akan terdongkrak. 

 

Ia menjelaskan simulasi jika omzet UKM meningkat 30 persen akan menaikkan pertumbuhan ekonomi menjadi 7 persen. 

 

"Tidak hanya pertumbuhan ekonomi, meningkatnya omzet UMKM juga menurunkan angka kemiskinan dan gini rasio. Kemiskinan dapat menurun ke titik terendah," tegas Rully. 

 

Ia mengemukakan pembinaan UMKM dilakukan 18 K/L. Namun diharapkan ada sinergi dan koordinasi antara semua unsur K/L dan pemda. Tidak cukup, bahkan perlu melibatkan pemangku kepentingan lain, swasta, BUMN, organisasi kemasyarakatan, kampus. 

 

*Kerja sama Paguyuban Pasundan*

 

Dalam acara tersebut sekaligus dilakukan MoU dengan Paguyuban Pasundan untuk membantu pengembangan UMKM di Lampung. Paguyuban telah membina 1.400 kelompok yang tersebar di seluruh Indonesia. 

 

"Kami siap membantu UMKM di Lampung untuk berbagi pengalaman dan agar dapat tumbuh bersama dengan pelaku usaha lainnya," kata Ketua Paguyuban Pasundan Prof. Dr. Didi Turmudzi. 

 

Didi mengatakan Paguyuban Pasundan merupakan organisasi yang dibentuk untuk memerangi kebodohan dan kemiskinan. Didirikan tahun 1913, organisasi ini bersifat terbuka yang anggotanya bukan berdasarkan darah Sunda tapi kultural. Setiap orang yang pernah mengenyam pendidikan di Jawa Barat dapat menjadi anggota Paguyuban Pasundan. 

 

Hadir pada acara tersebut Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto,  Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Victoria br. Simanungkalit, Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Yuana Sutyowati dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung Isron Fadtricar.

 

Pada saat yang sama persetujuan pembiayaan dari LPDB-KUMKM kepada Koperasi Baitul Qira'at Baburrayan - Aceh sebesar Rp 10 miliar dan kepada Koperasi Bina Masyarakat Utama - Lampung sebesar Rp 5 miliar. (Agus)

 

Caption:

 

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Prof. Rully Indrawan memberikan sambutan sekaligus membuka Sinergi Kementerian Koperasi dan UKM Dengan Pemerintah Provinsi Lampung, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Paguyuban Pasundan Dalam Mendukung Ekspor di Lampung, Minggu(18/8/2019). Hadir dalam acara ini PJ Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Ir. Fahrizal Darminto MA, Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Victoria br. Simanungkalit, Deputi Bidang Pembiaayan Kementerian Koperasi dan UKM Yuana Sutyowati dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung Isron Fadtricar.

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Tinjau Konstruksi Tol Mabit

Pembangunan Jalan Tol Manado – Bitung (Mabit) diharapkan tidak hanya memudahkan akses barang dan jasa ke Pelabuhan Internasional Bitung salah satu pintu ekspor impor bagi kawasan Indonesia bagian timur, namun juga mendukung sektor Pariwisata di Provinsi Sulawesi Utara khususnya di Pulau Lembeh. Tol Mabit awalnya ditargetkan rampung pada akhir tahun 2019, namun karena proses pembebasan lahan belum selesai sepanjang 13 Km maka diharapkan bisa selesai April 2020.   “(Tol Mabit) Akan mendukung keduanya, pariwisata dan industri. Pariwisata baru di Pulau Lembeh dan mendukung industri terutama industri perikanan dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung sebagai akses Pelabuhan. Ini akan men-trigger perekonomian di Bitung berkembang,” kata Presiden Jokowi ketika meninjau pembangunan Tol Mabit sepanjang 39,9 KM tepatnya di Simpang Susun Airmadidi, Jumat (5/7/2019).

 Pembangunan Jalan Tol Manado – Bitung (Mabit) diharapkan tidak hanya memudahkan akses barang dan jasa ke Pelabuhan Internasional Bitung salah satu pintu ekspor impor bagi kawasan Indonesia bagian timur, namun juga mendukung sektor Pariwisata di Provinsi Sulawesi Utara khususnya di Pulau Lembeh. Tol Mabit awalnya ditargetkan rampung pada akhir tahun 2019, namun karena proses pembebasan lahan belum selesai sepanjang 13 Km maka diharapkan bisa selesai April 2020.

 

“(Tol Mabit) Akan mendukung keduanya, pariwisata dan industri. Pariwisata baru di Pulau Lembeh dan mendukung industri terutama industri perikanan dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung sebagai akses Pelabuhan. Ini akan men-trigger perekonomian di Bitung berkembang,” kata Presiden Jokowi ketika meninjau pembangunan Tol Mabit sepanjang 39,9 KM tepatnya di Simpang Susun Airmadidi, Jumat (5/7/2019).

 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera


Transportasi

ASTRA Tol Tangerang-Merak Tingkatkan Pelayanan Infrastruktur dan Transaksi

TANGERANG, JURNAL IBUKOTA: PT Marga Mandalasakti (ASTRA Tol Tangerang-Merak) berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaiknya kepada pengguna Jalan Tol Tangerang-Merak. Memasuki semester 2/2019, peningkatan pelayanan infrastruktur dan transaksi semakin digencarkan. 

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Libatkan Lebih dari 8.500 Mahasiswa Kelola Sampah Plastik, Sinergi Jasa Marga – UI Catat Rekor MURI

Untuk mengimbangi proses bisnis jalan tol yang memiliki citra yang bertolak belakang dengan pelestarian alam, Jasa Marga berkomitmen untuk mengangkat program-program kepedulian terhadap lingkungan dan alam sekitar.DEPOK, JURNAL IBUKOTA: Untuk mengimbangi proses bisnis jalan tol yang memiliki citra yang bertolak belakang dengan pelestarian alam, Jasa Marga berkomitmen untuk mengangkat program-program kepedulian terhadap lingkungan dan alam sekitar.

Read more...

Info Jalan Tol

Pecah Ban Akibatkan Kecelakaan Tunggal di Tol Jagorawi, Jasa Marga Regional Jabodetabek Jabar Segerakan Evakuasi Korban dan Pengaturan Lalu Lintas

Telah terjadi kecelakaan tunggal di Km 36+500 (B) Jalan Tol Jagorawi arah Jakarta, Minggu (15/09) sekitar  pukul 08.10 WIB. Penyebab kecelakaan ditengarai akibat pecah ban belakang. SENTUL, JURNAL IBUKOTA:  Telah terjadi kecelakaan tunggal di Km 36+500 (B) Jalan Tol Jagorawi arah Jakarta, Minggu (15/09) sekitar  pukul 08.10 WIB. Penyebab kecelakaan ditengarai akibat pecah ban belakang. 

Read more...