yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Kemenkop dan UKM Minta Daerah Usulkan Koperasi Tak Aktif untuk Dibekukan

AMBON, JURNAL IBUKOTA: Pemerintah Pusat melalui Kementerian Koperasi dan UKM meminta stakeholders di daerah supaya mengusulkan koperasi yang sudah tidak aktif atau mati suri untuk dibekukan badan hukumnya. Langkah pembekuan dilakukan ini tidak terlepas dari upaya menyelaraskan program reformasi total koperasi yang diusung ‎Kemenkop dan UKM.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Tujuh Ruas Jalan Tol Baru Akan Dilelang pada Tahun 2019

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melanjutkan pembangunan jalan tol dengan mendorong pendanaan dari investasi sektor swasta melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Pembangunan jalan tol diperlukan untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah dan efisiensi biaya logistik. 

Read more...

Harkopnas Expo 2019: Ajang Promosi Produk Unggulan KUMKM Indonesia

Kementerian Koperasi dan UKM mendukung penuh upaya penguatan peran koperasi dalam meningkatkan daya saing sehingga mampu bersaing di pasar global. Salah satu upaya yang dilakukan adalah fasilitasi promosi dan pemasaran bagi 13 koperasi unggulan pada Harkopnas Expo 2019 yang diselenggarakan pada 11-14 Juli 2019 bertempat di GOR Satria Purwokerto, Jawa Tengah.PURWOKERTO, JURNAL IBUKOTA:  Kementerian Koperasi dan UKM mendukung penuh upaya penguatan peran koperasi dalam meningkatkan daya saing sehingga mampu bersaing di pasar global. Salah satu upaya yang dilakukan adalah fasilitasi promosi dan pemasaran bagi 13 koperasi unggulan pada Harkopnas Expo 2019 yang diselenggarakan pada 11-14 Juli 2019 bertempat di GOR Satria Purwokerto, Jawa Tengah.

 

 

"Melalui event ini diharapkan masyarakat menjadi lebih menyadari pentingnya kehadiran koperasi untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan bersama", kata Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Victoria Simanungkalit, saat membuka Harkopnas Expo 2019, Kamis (11/7). Acara pembukaan dihadiri istri Menteri Koperasi dan UKM, Bintang Puspayoga, Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid, dan Bupati Banyumas Achmad Husein.

 

KSU Nira Satria salah satunya, yang merupakan koperasi bergerak di bidang produksi dan pemasaran produk gula kelapa kristal dan sudah menembus pasar Eropa dan Amerika. Selain itu, koperasi itu pada tahun 2018 telah mendapat fasilitasi HACCP dari Kementerian Koperasi dan UKM. "Dengan kapasitas produksi hingga 60 ton/bulan, Koperasi Nira Satria memiliki pangsa pasar 90% ekspor dan 10% domestik", ungkap Victoria.

 

Selain itu, lanjut Victoria, ada Koperasi Wanita (Kopwan) Srikandi Purworejo yang memiliki produk unggulan Crystal Coconut Sugar, Coconut Cooking Oil and Virgin Coconut Oil melalui pendampingan dari Kemenkop UKM dan Kotra Korea, produk gula kristal organik diekspor ke Sri Lanka, Australia, dan ekspor produk VCO ke Jepang. Pada 2017, Kopwan Srikandi mendapatkan Satya Lencana Wira Karya dari Presiden RI dalam perannya menggerakan dan memberdayakan perekonomian masyarakat.

 

Koperasi lain yang juga mendapatkan fasilitasi dari Kemenkop dan UKM, antara lain KSU Karika yang memasarkan produk Carica dan telah merambah pasar Thailand, Kanada dan Pakistan. Juga ada Koperasi Peternakan Sarono Makmur yang pada 2013 mendapatkan penghargaan sebagai Kelembagaan Ekonomi Berprestasi Tingkat Nasional dari Kementerian Pertanian.

 

Tak ketinggalan, Koperasi Berkah Multi Generasi yang di tahun 2019 ini berhasil memperoleh penghargaan Ketahanan Pangan Nasional. Koperasi Pemasaran Wirausaha Inti Nusantara yang merupakan binaan GKN Indonesia dan mempunyai produk-produk kualitas unggulan dari masing-masing daerah. 

 

"Koperasi lainnya adalah Koperasi Desmigratif Mandiri Jaya yang merupakan koperasi yang sebagian besar anggotanya merupakan immigrant worker yang pernah bekerja di luar negeri", jelas Victoria.

 

Selain ketujuh koperasi di atas, masih ada enam koperasi lainnya yang sangat membantu dalam pemasaran produk anggotanya, antara lain Koppas Gema Center Rawabening, KSU Yasuka, Koperasi Gemah Sumilir, KSU Ikatan Pengrajin Sleman (IKAPIM), Koperasi Pemasaran UMKM Maju Sejahtera, dan Koperasi Kebon Indah.

 

Victoria menyampaikan bahwa saat ini merupakan keharusan meningkatkan daya saing produk agar berdaya di perdagangan global. "Itu perlu dilakukan upaya-upaya peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya peran koperasi sebagai kekuatan, ketahanan sekaligus roda penggerak perekonomian nasional", kata Victoria.

 

Sementara Bupati Banyumas Achmad Husein mengungkapkan bahwa di wilayahnya ada sekitar 2,3 juta pohon kelapa dengan produk gula kelapa yang sudah diekspor senilai Rp200 miliar pertahun. "Hanya saja, usaha tersebut belum diwadahi koperasi yang komprehensif, masih dikelola koperasi yang kecil-kecil. Itu tantangan bagi kita di Banyumas", ucap Bupati Banyumas.

 

Achmad Husein akan mendorong Gerakan Koperasi di Banyumas untuk membentuk koperasi primer yang besar untuk mengelola industri gula kelapa. "Tujuannya, agar bisa menolongpetani kelapa yang banyak terjerat utang yang tak kunjung bisa terselesaikan", pungkas Bupati Banyumas. (Agus)

 

 

Caption:

 

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Victoria br Simanungkalit didampingi Ketua Dewan Koperasi Indonesia Nurdin Halid, Bupati Banyumas Achmad Husein, Ketua Pemasihat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Koperasi dan UKM Bintang Puspayoga, dan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Tjahya Widayanti memukul gong menandai dibukana Harkopnas Expo 2019 di Gor Satria, Kab. Banyumas, Purwokerto, Kamis(11/07/2019).

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Tinjau Konstruksi Tol Mabit

Pembangunan Jalan Tol Manado – Bitung (Mabit) diharapkan tidak hanya memudahkan akses barang dan jasa ke Pelabuhan Internasional Bitung salah satu pintu ekspor impor bagi kawasan Indonesia bagian timur, namun juga mendukung sektor Pariwisata di Provinsi Sulawesi Utara khususnya di Pulau Lembeh. Tol Mabit awalnya ditargetkan rampung pada akhir tahun 2019, namun karena proses pembebasan lahan belum selesai sepanjang 13 Km maka diharapkan bisa selesai April 2020.   “(Tol Mabit) Akan mendukung keduanya, pariwisata dan industri. Pariwisata baru di Pulau Lembeh dan mendukung industri terutama industri perikanan dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung sebagai akses Pelabuhan. Ini akan men-trigger perekonomian di Bitung berkembang,” kata Presiden Jokowi ketika meninjau pembangunan Tol Mabit sepanjang 39,9 KM tepatnya di Simpang Susun Airmadidi, Jumat (5/7/2019).

 Pembangunan Jalan Tol Manado – Bitung (Mabit) diharapkan tidak hanya memudahkan akses barang dan jasa ke Pelabuhan Internasional Bitung salah satu pintu ekspor impor bagi kawasan Indonesia bagian timur, namun juga mendukung sektor Pariwisata di Provinsi Sulawesi Utara khususnya di Pulau Lembeh. Tol Mabit awalnya ditargetkan rampung pada akhir tahun 2019, namun karena proses pembebasan lahan belum selesai sepanjang 13 Km maka diharapkan bisa selesai April 2020.

 

“(Tol Mabit) Akan mendukung keduanya, pariwisata dan industri. Pariwisata baru di Pulau Lembeh dan mendukung industri terutama industri perikanan dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung sebagai akses Pelabuhan. Ini akan men-trigger perekonomian di Bitung berkembang,” kata Presiden Jokowi ketika meninjau pembangunan Tol Mabit sepanjang 39,9 KM tepatnya di Simpang Susun Airmadidi, Jumat (5/7/2019).

 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera


Transportasi

Dukung Kementerian BUMN: Djakarta Lloyd Berangkatkan 600 Pemudik

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Perusahaan pelayaran nasional, PT Djakarta Lloyd (Persero), hari ini (31/5) kembali memberangkatkan 600 pemudik secara gratis menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H, dengan mengerahkan 11 unit armada bus yang diberangkatkan dari Kawasan Mega Glodok Kemayoran (MGK), Jakarta Pusat.  

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Pasca Divestasi Saham KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan LingkunganJAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Hari Ini Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek Kembali Lakukan Rekonstruksi Jalan Tol

PT Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Jakarta-Cikampek kembali melaksanakan pekerjaan pemeliharaan dengan metode konstruksi rigid pada kedua jalur pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek, baik arah Cikampek maupun arah Jakarta.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: PT Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Jakarta-Cikampek kembali melaksanakan pekerjaan pemeliharaan dengan metode konstruksi rigid pada kedua jalur pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek, baik arah Cikampek maupun arah Jakarta.

Read more...