yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Kemenkop dan UKM Minta Daerah Usulkan Koperasi Tak Aktif untuk Dibekukan

AMBON, JURNAL IBUKOTA: Pemerintah Pusat melalui Kementerian Koperasi dan UKM meminta stakeholders di daerah supaya mengusulkan koperasi yang sudah tidak aktif atau mati suri untuk dibekukan badan hukumnya. Langkah pembekuan dilakukan ini tidak terlepas dari upaya menyelaraskan program reformasi total koperasi yang diusung ‎Kemenkop dan UKM.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Tujuh Ruas Jalan Tol Baru Akan Dilelang pada Tahun 2019

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melanjutkan pembangunan jalan tol dengan mendorong pendanaan dari investasi sektor swasta melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Pembangunan jalan tol diperlukan untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah dan efisiensi biaya logistik. 

Read more...

Insan Koperasi Ziarah ke Makam Perintis Koperasi RA Wiraatmadja

Deputi bidang Sumber daya manusia Kementerian Koperasi dan UKM Rulli Nuryanto dan Deputi bidang pengawasan Kemenkop UKM Suparno mendampingi Bupati Banyumas Achmad Husein melakukan Ziarah dan Tabur Bunga ke makam Raden Aria Wiraatmadja tokoh perintis sistem perkoperasian di indonesia dalam Rangkaian Hari Koperasi Nasional ke-72. Purwokerto, Kamis (11/07/2019).PURWOKERTO, JURNAL IBUKOTA: Warga masyarakat kabupaten Banyumas merasa bangga karena Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke - 72 diselenggarakan di Kabupaten Banyumas. Berbagai agenda rangkaian peringatan Harkopnas di Purwokerto kabupaten Banyumas antara lain ziarah ke makam perintis koperasi, diskusi, bazar, bakti sosial dan lain-lain. 

 

 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dalam hal ini Kementerian Koperasi dan UKM dan Dekopin atas diagendakannya ziarah dalam rangka Harkopnas, ini membanggakan warga masyarakat Banyumas," ucap Bupati Banyumas Achmad Husein, saat menerima rombongan Kementerian Koperasi dan UKM ziarah ke makam tokoh dan perintis yang menjalankan sistem koperasi di Indonesia, Raden Aria Wiraatmadja, Purwokerto, Kamis (11/7/2019).

 

Ia juga merasa senang atas kiprah Wiraatmadja yang sangat peduli dan konsisten memperjuangkan rakyat kecil yang sebagian besar hidup di bawah garis kemiskinan. Wirjaatmadja memiliki jiwa sosial yang sangat tinggi, ia mau menyisihkan sebagian gajinya untuk masyarakat lemah. Usaha tersebut kemudian dikenal sebagai koperasi.

 

Hadir dalam ziarah tersebut antara lain: Deputi Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM Suparno, Deputi SDM Kementerian Koperasi dan UKM Rulli Nuryanto, Danrem 07 Banyumas, Polres, para camat, para Kepala Desa se-kabupaten Banyumas serta para penggerak koperasi. 

 

Suparno dalam kesempatan itu menilai bahwa Wiraatmadja merupakan tokoh ekonomi kerakyatan yang harus diteladani. "Koperasi-koperasi yang yang ada di Indonesia ini harus meneladani semangat beliau, koperasi prinsipnya harus menolong rakyat kecil serta pendidikan ekonomi kerakyatan yang beliau tanamkan sangat patut digelorakan," Harap Suparno. 

 

Sementara Rulli Nuryanto juga meminta masyarakat untuk kembali mengingat seluruh jasa dan peran Wiraatmadja dalam mengembangkan semangat berkoperasi di Indonesia. "Kita harapkan semangat beliau ikut tertular ke masyarakat dan dapat meningkatkan semangat mengembangkan koperasi di Indonesia," pintanya. 

 

Ia salut kepada Wiraatmadja yang merupakan pejabat tinggi waktu itu, tetapi mau menunjukkan kepedulian kepada rakyat kecil dan ini menurut Rulli merupakan hal yang langka di kalangan pejabat tinggi waktu itu

 

Sementara itu ahli waris yang juga Ketua Yayasan Aria Wirjaatmadja, R Arya R Prasetya mengungkapkan bahwa Wiraatmadja bergerak untuk menolong para pegawai pribumi dan masyarakat di sekitarnya dari jeratan rentenir dan pegadaian yang menerapkan bunga pinjaman tinggi waktu itu. Ia juga mendirikan bank penolong dan simpanan di Purwokerto yang melayani orang-orang pribumi pada 16 Desember 1895 yang seiring berjalannya waktu kini menjadi Bank Rakyat Indonesia (BRI) 

 

"Pada 1896, Wirjaatmadja merintis kegiatan berkoperasi yang meminjamkan uang kepada pamong praja, petani dan tukang yang telah menjadi anggota terlebih dahulu dengan menyetor sejumlah uang pangkal yang disebut sebagai simpanan/tabungan," kenang Prasetya.(Agus)

 

Caption:

Deputi bidang Sumber daya manusia Kementerian Koperasi dan UKM Rulli Nuryanto dan Deputi bidang pengawasan Kemenkop UKM Suparno mendampingi Bupati Banyumas Achmad Husein melakukan Ziarah dan Tabur Bunga ke makam Raden Aria Wiraatmadja tokoh perintis sistem perkoperasian di indonesia dalam Rangkaian Hari Koperasi Nasional ke-72. Purwokerto, Kamis (11/07/2019).

 

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Tinjau Konstruksi Tol Mabit

Pembangunan Jalan Tol Manado – Bitung (Mabit) diharapkan tidak hanya memudahkan akses barang dan jasa ke Pelabuhan Internasional Bitung salah satu pintu ekspor impor bagi kawasan Indonesia bagian timur, namun juga mendukung sektor Pariwisata di Provinsi Sulawesi Utara khususnya di Pulau Lembeh. Tol Mabit awalnya ditargetkan rampung pada akhir tahun 2019, namun karena proses pembebasan lahan belum selesai sepanjang 13 Km maka diharapkan bisa selesai April 2020.   “(Tol Mabit) Akan mendukung keduanya, pariwisata dan industri. Pariwisata baru di Pulau Lembeh dan mendukung industri terutama industri perikanan dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung sebagai akses Pelabuhan. Ini akan men-trigger perekonomian di Bitung berkembang,” kata Presiden Jokowi ketika meninjau pembangunan Tol Mabit sepanjang 39,9 KM tepatnya di Simpang Susun Airmadidi, Jumat (5/7/2019).

 Pembangunan Jalan Tol Manado – Bitung (Mabit) diharapkan tidak hanya memudahkan akses barang dan jasa ke Pelabuhan Internasional Bitung salah satu pintu ekspor impor bagi kawasan Indonesia bagian timur, namun juga mendukung sektor Pariwisata di Provinsi Sulawesi Utara khususnya di Pulau Lembeh. Tol Mabit awalnya ditargetkan rampung pada akhir tahun 2019, namun karena proses pembebasan lahan belum selesai sepanjang 13 Km maka diharapkan bisa selesai April 2020.

 

“(Tol Mabit) Akan mendukung keduanya, pariwisata dan industri. Pariwisata baru di Pulau Lembeh dan mendukung industri terutama industri perikanan dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung sebagai akses Pelabuhan. Ini akan men-trigger perekonomian di Bitung berkembang,” kata Presiden Jokowi ketika meninjau pembangunan Tol Mabit sepanjang 39,9 KM tepatnya di Simpang Susun Airmadidi, Jumat (5/7/2019).

 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera


Transportasi

Dukung Kementerian BUMN: Djakarta Lloyd Berangkatkan 600 Pemudik

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Perusahaan pelayaran nasional, PT Djakarta Lloyd (Persero), hari ini (31/5) kembali memberangkatkan 600 pemudik secara gratis menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H, dengan mengerahkan 11 unit armada bus yang diberangkatkan dari Kawasan Mega Glodok Kemayoran (MGK), Jakarta Pusat.  

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Pasca Divestasi Saham KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan LingkunganJAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Hari Ini Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek Kembali Lakukan Rekonstruksi Jalan Tol

PT Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Jakarta-Cikampek kembali melaksanakan pekerjaan pemeliharaan dengan metode konstruksi rigid pada kedua jalur pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek, baik arah Cikampek maupun arah Jakarta.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: PT Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Jakarta-Cikampek kembali melaksanakan pekerjaan pemeliharaan dengan metode konstruksi rigid pada kedua jalur pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek, baik arah Cikampek maupun arah Jakarta.

Read more...