yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Kemenkop dan UKM Minta Daerah Usulkan Koperasi Tak Aktif untuk Dibekukan

AMBON, JURNAL IBUKOTA: Pemerintah Pusat melalui Kementerian Koperasi dan UKM meminta stakeholders di daerah supaya mengusulkan koperasi yang sudah tidak aktif atau mati suri untuk dibekukan badan hukumnya. Langkah pembekuan dilakukan ini tidak terlepas dari upaya menyelaraskan program reformasi total koperasi yang diusung ‎Kemenkop dan UKM.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Tujuh Ruas Jalan Tol Baru Akan Dilelang pada Tahun 2019

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melanjutkan pembangunan jalan tol dengan mendorong pendanaan dari investasi sektor swasta melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Pembangunan jalan tol diperlukan untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah dan efisiensi biaya logistik. 

Read more...

Koperasi Catra Gemilang, Wujudkan Impian Fotografer Candi Borobudur

Koperasi pariwisata kini makin berkembang di Tanah Air. Kehadiran koperasi mendorong partisipasi masyarakat dalam mengelola bisnis pariwisata di daerahnya.MAGELANG, JURNAL IBUKOTA: Koperasi pariwisata kini makin berkembang di Tanah Air. Kehadiran koperasi mendorong partisipasi masyarakat dalam mengelola bisnis pariwisata di daerahnya.

 

 

Salah satu contoh koperasi pariwisata itu adalah koperasi Catra Gemilang di Borobudur, Magelang. Koperasi yang berdiri tahun 1996 ini, dicetuskan oleh paguyuban juru foto di Candi Borobudur. Mereka mendambakan dapat menjalankan profesinya lebih profesional lagi. Sebab, saat itu mereka masih menggunakan kamera polaroid, berkeinginan memakai kamera lebih canggih dan memiliki mesin cetak foto sehingga layanan foto bagi wisatawan lebih baik.

 

"Para fotografer sadar jika sendiri-sendiri mereka tidak mungkin bisa mengganti kamera dan punya mesin cetak karena tidak punya modal. Perlu mendirikan koperasi. Lewat koperasi, terbuka peluang akses ke lembaga keuangan," kata Suherman, Ketua Koperasi Catra Gemilang, Kamis (13/6/19).

 

Terbentuknya koperasi Catra Gemilang mewujudkan impian mereka. Kini koperasi sudah memiliki dua mesin cetak foto, salah satunya berada di kawasan candi. Lewat koperasi juga para juru foto bisa menggunakan kamera yang lebih bagus lagi.

 

Keberadaan Koperasi Catra Gemilang tidak sekadar membangun usaha tapi menjamin keberadaan para juru foto tidak tergusur oleh juru foto dari luar yang dapat menimbulkan persaingan tidak sehat. Terlebih, mereka merupakan warga setempat yang sudah turun temurun menjadi juru foto di kawasan Candi Borobudur.

 

"Koperasi telah membuat kesepakatan dengan pengelola Candi Borobudur bahwa fotografer anggota koperasi yang dapat menawarkan jasa foto di kawasan candi," kata Suherman.

Koperasi Catra Gemilang berkembang dengan baik. Unit usahanya bertumbuh dalam menunjang bisnis wisata antara lain penginapan atau homestay, laundry, konveksi, rumah makan/catering dan simpan pinjam.

 

 Usaha penginapan yang dikenal dengan Rumah Catra Borobudur merupakan salah satu tulang punggung koperasi Catra Gemilang.

Menurut Suherman, Kementerian Koperasi dan UKM sangat mendukung berkembangnya koperasi pariwisata di samping dukungan pemda.

 

"Kemenkop pernah memberikan bantuan untuk membangun homestay, berbagai pelatihan untuk meningkatkan kompetensi pengelolaan koperasi," jelasnya

 

Sekarang anggota koperasi kian meluas tidak hanya fotografer, tapi juga pemandu wisata, pengrajin, pedagang, petani, dan lainnya yang jumlahnya mencapai lebih dari 400 orang.

Ari Aindya, Asisten Deputi Bidang Industri dan Jasa, Deputi Produksi dan Pemasaran Kemenkop UKM menilai Koperasi Catra Gemilang merupakan salah satu koperasi pariwisata yang inovatif dan tumbuh dengan baik.

 

"Koperasi pada awal berdiri untuk menjamin kelangsungan para fotografer candi Borobudur tapi sekarang sudah memiliki berbagai unit usaha. Unit usaha penginapannya juga berkembang, " kata Ari.

Hingga sekarang koperasi berbasis wisata di daerah berkembang dengan berbagai model bisnisnya masing-masing. Di tengah perkembangan tersebut, dia menegaskan Kemenkop UKM terus mendorong keterlibatan masyarakat melalui koperasi untuk membangun wisata di daerahnya guna kesejahteraan bersama. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Tinjau Konstruksi Tol Mabit

Pembangunan Jalan Tol Manado – Bitung (Mabit) diharapkan tidak hanya memudahkan akses barang dan jasa ke Pelabuhan Internasional Bitung salah satu pintu ekspor impor bagi kawasan Indonesia bagian timur, namun juga mendukung sektor Pariwisata di Provinsi Sulawesi Utara khususnya di Pulau Lembeh. Tol Mabit awalnya ditargetkan rampung pada akhir tahun 2019, namun karena proses pembebasan lahan belum selesai sepanjang 13 Km maka diharapkan bisa selesai April 2020.   “(Tol Mabit) Akan mendukung keduanya, pariwisata dan industri. Pariwisata baru di Pulau Lembeh dan mendukung industri terutama industri perikanan dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung sebagai akses Pelabuhan. Ini akan men-trigger perekonomian di Bitung berkembang,” kata Presiden Jokowi ketika meninjau pembangunan Tol Mabit sepanjang 39,9 KM tepatnya di Simpang Susun Airmadidi, Jumat (5/7/2019).

 Pembangunan Jalan Tol Manado – Bitung (Mabit) diharapkan tidak hanya memudahkan akses barang dan jasa ke Pelabuhan Internasional Bitung salah satu pintu ekspor impor bagi kawasan Indonesia bagian timur, namun juga mendukung sektor Pariwisata di Provinsi Sulawesi Utara khususnya di Pulau Lembeh. Tol Mabit awalnya ditargetkan rampung pada akhir tahun 2019, namun karena proses pembebasan lahan belum selesai sepanjang 13 Km maka diharapkan bisa selesai April 2020.

 

“(Tol Mabit) Akan mendukung keduanya, pariwisata dan industri. Pariwisata baru di Pulau Lembeh dan mendukung industri terutama industri perikanan dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung sebagai akses Pelabuhan. Ini akan men-trigger perekonomian di Bitung berkembang,” kata Presiden Jokowi ketika meninjau pembangunan Tol Mabit sepanjang 39,9 KM tepatnya di Simpang Susun Airmadidi, Jumat (5/7/2019).

 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera


Transportasi

Dukung Kementerian BUMN: Djakarta Lloyd Berangkatkan 600 Pemudik

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Perusahaan pelayaran nasional, PT Djakarta Lloyd (Persero), hari ini (31/5) kembali memberangkatkan 600 pemudik secara gratis menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H, dengan mengerahkan 11 unit armada bus yang diberangkatkan dari Kawasan Mega Glodok Kemayoran (MGK), Jakarta Pusat.  

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Pasca Divestasi Saham KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan LingkunganJAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Hari Ini Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek Kembali Lakukan Rekonstruksi Jalan Tol

PT Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Jakarta-Cikampek kembali melaksanakan pekerjaan pemeliharaan dengan metode konstruksi rigid pada kedua jalur pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek, baik arah Cikampek maupun arah Jakarta.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: PT Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Jakarta-Cikampek kembali melaksanakan pekerjaan pemeliharaan dengan metode konstruksi rigid pada kedua jalur pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek, baik arah Cikampek maupun arah Jakarta.

Read more...