yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Koperasi Kredit di Indonesia Didorong Lakukan Digitalisasi di Era Milenial

DENPASAR, JURNAL IBUKOTA: Koperasi kredit (kopdit) di Indonesia didorong  untuk melakukan digitalisasi dalam sistem operasionalnya agar tetap kompetitif di era milenial yang akrab dengan teknologi.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Progres Konstruksi 4 Venue PON XX Papua Lebih Cepat, Kementerian PUPR Targetkan Selesai Juni 2020

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menganggarkan Rp 936,8 miliar dalam pembangunan empat arena olahraga (venue) untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua tahun 2020.

Read more...

Koperasi Mitra Malabar Jawa Barat Sukses Tembus Pasar Kopi Eropa

Koperasi Mitra Malabar di Buah Batu Kota Bandung yang selama ini menaungi para petani kopi di wilayah Jawa Barat (Jabar) sukses menembus pasar kopi di kawasan Eropa.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Koperasi Mitra Malabar di Buah Batu Kota Bandung yang selama ini menaungi para petani kopi di wilayah Jawa Barat (Jabar) sukses menembus pasar kopi di kawasan Eropa.

 

 

Pengurus Koperasi Mitra Malabar Jayagama Masri di Jakarta, Jumat (7/6/2019), mengatakan pihaknya sudah mulai melakukan ekspor green bean ke Marocco sejak beberapa tahun lalu lewat program Sister City Bandung – Casablanca melalui trading house Pemkot Bandung. 

 

“Motivasi dan harapan kami melakukan ekspor ke Eropa adalah untuk meningkatkan value perusahaan dan melakukan ekspor roastead bean,” katanya.

 

Koperasi itu menaungi beberapa Koperasi Cabang di beberapa kabupaten penghasil kopi di Jawa Barat dan memberdayakan para petani kopi di wilayah tersebut.

 

Beberapa tahun lalu, Koperasi Mitra Malabar juga berhasil mengirimkan 300 kg roasted kopi ke Inggris melalui perusahaan furniture sebagai gift.

 

Koperasi yang didirikan tanggal 20 Juni 2012 dan berkedudukan di Kota Bandung itu telah mengantongi sertifikat Halal, MUI, PIRT, bahkan sukses meraih penghargaan berupa predikat produsen kopi terenak dunia ke-3 tahun 2013.

 

Sejak awal didirikannya Koperasi Mitra Malabar mengelola agribisnis dengan menerapkan prinsip-prinsip koperasi untuk memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat Jawa Barat.

 

“Kami berusaha meningkatkan perekonomian masyarakat ke arah yang lebih baik khususnya anggota,” kata Jayagama.

 

Untuk itu Koperasi Mitra Malabar menampung hasil panen kopi secara tunai dengan harga yang layak untuk petani dengan prinsip Fair Trade.  Petani mendapatkan harga dasar penjualan kopi ditambah sisa hasil usaha dari trading kopi dan fasilitas lainnya yang menunjang kegiatan usahatani kopi. 

 

“Prinsip fair trade akan meningkatkan kesejahteraan para petani kopi secara langsung,” katanya.

 

Koperasi Mitra Malabar kemudian terus meningkatkan peranan dalam membantu kegiatan perekonomian petani dan UKM dengan melakukan jual beli dan kerjasama kemitraan obat-obatan dan kompos (Pupuk Organik) untuk keperluan petani.

 

“Kami juga melakukan pengadaan barang berupa penyediaan saprotan dan keperluan lainnya, bidang industri pengolahan kopi berupa pengolahan kopi mulai dari gelondong sampai dengan kopi siap seduh dalam bentuk kemasan,” katanya.

 

Dengan merk dagang “Malabar” Bidang Trading berbentuk penyediaan kopi arabika dan robusta. Koperasi Mitra Malabar juga telah melakukan ekspor green bean ke Marocco dan bekerja sama mendirikan Rumah Kopi Nusantara di TMII. 

 

Saat ini, ekspor KMM masih belum berkesinambungan dikarenakan supply yang terputus.

 

Koperasi Mitra Malabar (KMM) pernah mengikuti Temu Konsultasi Dalam Rangka Penguatan Sistem Bisnis Koperasi/Sentra Usaha Mikro di Bidang Pertanian dan Perkebunan pada tahun 2017. 

 

“Pada kegiatan tersebut juga koperasi di bidang pertanian dan perkebunan didorong untuk membangun sistem bisnis melalui kemitraan dan jaringan usaha,” katanya.

 

Koperasi Mitra Malabar menjalin kerja sama dengan Koperasi Produsen Mitra Kelapa (KPMK). Bahkan KMM juga menjadi pendamping dalam Bimtek maupun Temu Lapang Koperasi Perhutanan Sosial di Jawa Barat. 

 

Saat ini jumlah tenaga kerja KMM yaitu 19 orang dengan omset Rp 821.233.079 dan aset Rp 3.192.881.118. 

 

Ke depan sesuai dengan mottonya, Koperasi Mitra Malabar ingin terus “Bermitra Berbagi Peduli” agar mampu menyejahterakan para anggotanya. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Resmikan Pasar Badung, Denpasar

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap pasar rakyat atau pasar tradisional di Indonesia, khususnya di wilayah Provinsi Bali, harus mampu bersaing dengan pusat perbelanjaan modern, pasar modern, hingga Mal.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap pasar rakyat atau pasar tradisional di Indonesia, khususnya di wilayah Provinsi Bali, harus mampu bersaing dengan pusat perbelanjaan modern, pasar modern, hingga Mal.

 

"Oleh karena itu, dengan program revitalisasi pasar, saya berharap pasar tradisional atau pasar rakyat bisa dikelola dengan manajemen yang baik dan bagus. Kebersihan pasar, termasuk kebersihan para pedagangnya, harus tetap dijaga. Jangan sampai becek, kotor, dan bau", tegas Presiden Jokowi saat meresmikan pasar rakyat Pasar Badung di Kota Denpasar, Jumat (22/3/2019).

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera


Transportasi

Dukung Kementerian BUMN: Djakarta Lloyd Berangkatkan 600 Pemudik

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Perusahaan pelayaran nasional, PT Djakarta Lloyd (Persero), hari ini (31/5) kembali memberangkatkan 600 pemudik secara gratis menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H, dengan mengerahkan 11 unit armada bus yang diberangkatkan dari Kawasan Mega Glodok Kemayoran (MGK), Jakarta Pusat.  

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Pasca Divestasi Saham KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan LingkunganJAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Penjelasan Jasa Marga tentang Penanganan Transaksi Pengguna Jalan dengan _E-Toll_ Berbeda di Jalan Tol Surabaya-Mojokerto

Menindaklanjuti informasi yang beredar di media sosial mengenai transaksi pengguna jalan yang menggunakan Uang Elektronik (UE) berbeda di Jalan Tol Surabaya-Mojokerto, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memgkonfirmasi bahwa berita tersebut tidak sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan sebagaimana berikut:JOMBANG, JURNAL IBUKOTA: Menindaklanjuti informasi yang beredar di media sosial mengenai transaksi pengguna jalan yang menggunakan Uang Elektronik (UE) berbeda di Jalan Tol Surabaya-Mojokerto, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memgkonfirmasi bahwa berita tersebut tidak sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan sebagaimana berikut:

Read more...