yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Koperasi Kredit di Indonesia Didorong Lakukan Digitalisasi di Era Milenial

DENPASAR, JURNAL IBUKOTA: Koperasi kredit (kopdit) di Indonesia didorong  untuk melakukan digitalisasi dalam sistem operasionalnya agar tetap kompetitif di era milenial yang akrab dengan teknologi.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Progres Konstruksi 4 Venue PON XX Papua Lebih Cepat, Kementerian PUPR Targetkan Selesai Juni 2020

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menganggarkan Rp 936,8 miliar dalam pembangunan empat arena olahraga (venue) untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua tahun 2020.

Read more...

Kemenkop dan UKM Bersama Dekranas Tingkatkan Kualitas UKM

Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas Bintang Puspayoga menyebutkan, industri kerajinan telah berkembang dengan pesat di seluruh pelosok Nusantara, mengingat bahan baku lokal banyak tersedia seperti serat alam untuk anyaman, tanah liat untuk keramik, kayu, batuan, logam dan lain-lain.MAKASSAR, JURNAL IBUKOTA: Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas Bintang Puspayoga menyebutkan, industri kerajinan telah berkembang dengan pesat di seluruh pelosok Nusantara, mengingat bahan baku lokal banyak tersedia seperti serat alam untuk anyaman, tanah liat untuk keramik, kayu, batuan, logam dan lain-lain.

 

 

 "Hanya saja, industri ini tumbuh sangat bervariasi dari skala mikro, kecil sampai skala menengah dengan berbagai kendala masih dihadapi, terutama dalam hal permodalan, pemasaran, teknik produksi dan lain-lain", papar Bintang saat membacakan pidato tertulis Ketua Umum Dekranas Hj Mufidah Jusuf Kalla, pada acara Sinergi Program Kegiatan Kementerian Koperasi dan UKM dengan Dewan Kerajinan Nasional dan TP PKK, di Makassar, Jumat (12/4/2019).

 

Di acara yang dihadiri Koes Muldoko, Ketua Dekranasda Propinsi Sulsel Liestiaty F Nurdin, Deputi Pembiayaan Kemenkop dan UKM Yuana Sutyowati, Deputi Produksi dan Pemasaran Victoria BR Simanungkalit, Dirut LLP KUKM Emilia Suhaemi, dan para Ketua Dekranasda tingkat II di Sulsel, serta pengrajin di Sulsel, Bintang juga mengaku, persaingan di pasar global semakin ketat. "Oleh karena itu, diperlukan upaya-upaya nyata untuk mendorong para perajin agar lebih giat dan berdaya saing", tandas Bintang.

 

Untuk itu, pemerintah terus meningkatkan kemampuan SDM supaya produk-produk "Kami menyambut baik penyelenggaraan kegiatan sinergi ini dalam upaya meningkatkan wawasan UMKM Perajin agar lebih berdaya saing," imbuh Bintang.

 

Sebagai mitra Pemerintah, jelas Bintang, Dekranas telah melakukan berbagai program dalam membina dan mengembangkan UKM kerajinan di seluruh Nusantara. "Dekranas memandang sangat penting untuk melakukan pembinaan dan pengembangan UMKM di Sulawesi Selatan mengingat banyak potensi yang dapat dikembangkan", kata Bintang lagi.

 

Upaya yang dilakukan antara lain pelatihan-pelatihan di bidang desain karena tren desain produk kerajinan sangat cepat berubah. "Peningkatan kreatifitas dan inovasi desain perlu dilakukan, namun tetap mempertahankan identitas tradisional agar nuansa warisan budaya tetap harmoni dengan kekinian", tutur Bintang.

 

Sementara Ketua Dekranasda Propinsi Sulsel Liestiaty F Nurdin mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud komitmen bersama dalam mengawal program Koperasi dan UKM di Sulsel. "Kita berharap UKM Sulsel terus dibina oleh Dekranas pusat supaya produk-produk dari Sulsel kualitasnya meningkat dan bisa bersaing dengan produk dari daerah lain," harap Liestianty.

 

Sebelumnya, selaku ketua pelaksana acara, Yuana Sutyowati mengatakan, acara ini digelar untuk mendukung inisiatif yang sudah baik dari Dekranasda Sulsel. Kemenkop dan UKM berharap acara ini dapat memberikan pengetahuan dan penguatan usaha bagi para pelaku UKM di Makassar, melalui penyuluhan perkoperasian kepada kelompok Usaha Bersama pra Koperasi, bimbingan teknis HAKI dan pelatihan manajemen koperasi dan pengelolaan koperasi serta pelatihan kewirausahaan untuk wirausaha pemula. "Kegiatan ini akan terus kita galakkan sebagai upaya untuk mendukung percepatan pertumbuhan koperasi dan UKM di Indonesia," urai Yuana.

 

Pagi harinya rombongan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE) Kabinet Kerja, mengunjungi PAUD Masagena Binaan TP PKK Sulsel dalam rangka sosialisasi cuci tangan pakai sabun itu penting untuk cegah stunting. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Resmikan Pasar Badung, Denpasar

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap pasar rakyat atau pasar tradisional di Indonesia, khususnya di wilayah Provinsi Bali, harus mampu bersaing dengan pusat perbelanjaan modern, pasar modern, hingga Mal.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap pasar rakyat atau pasar tradisional di Indonesia, khususnya di wilayah Provinsi Bali, harus mampu bersaing dengan pusat perbelanjaan modern, pasar modern, hingga Mal.

 

"Oleh karena itu, dengan program revitalisasi pasar, saya berharap pasar tradisional atau pasar rakyat bisa dikelola dengan manajemen yang baik dan bagus. Kebersihan pasar, termasuk kebersihan para pedagangnya, harus tetap dijaga. Jangan sampai becek, kotor, dan bau", tegas Presiden Jokowi saat meresmikan pasar rakyat Pasar Badung di Kota Denpasar, Jumat (22/3/2019).

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera


Transportasi

Dukung Kementerian BUMN: Djakarta Lloyd Berangkatkan 600 Pemudik

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Perusahaan pelayaran nasional, PT Djakarta Lloyd (Persero), hari ini (31/5) kembali memberangkatkan 600 pemudik secara gratis menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H, dengan mengerahkan 11 unit armada bus yang diberangkatkan dari Kawasan Mega Glodok Kemayoran (MGK), Jakarta Pusat.  

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Pasca Divestasi Saham KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan LingkunganJAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Penjelasan Jasa Marga tentang Penanganan Transaksi Pengguna Jalan dengan _E-Toll_ Berbeda di Jalan Tol Surabaya-Mojokerto

Menindaklanjuti informasi yang beredar di media sosial mengenai transaksi pengguna jalan yang menggunakan Uang Elektronik (UE) berbeda di Jalan Tol Surabaya-Mojokerto, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memgkonfirmasi bahwa berita tersebut tidak sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan sebagaimana berikut:JOMBANG, JURNAL IBUKOTA: Menindaklanjuti informasi yang beredar di media sosial mengenai transaksi pengguna jalan yang menggunakan Uang Elektronik (UE) berbeda di Jalan Tol Surabaya-Mojokerto, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memgkonfirmasi bahwa berita tersebut tidak sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan sebagaimana berikut:

Read more...