yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Koperasi Kredit di Indonesia Didorong Lakukan Digitalisasi di Era Milenial

DENPASAR, JURNAL IBUKOTA: Koperasi kredit (kopdit) di Indonesia didorong  untuk melakukan digitalisasi dalam sistem operasionalnya agar tetap kompetitif di era milenial yang akrab dengan teknologi.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Progres Konstruksi 4 Venue PON XX Papua Lebih Cepat, Kementerian PUPR Targetkan Selesai Juni 2020

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menganggarkan Rp 936,8 miliar dalam pembangunan empat arena olahraga (venue) untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua tahun 2020.

Read more...

Kemenkop dan UKM-Kopindo Terus Gulirkan Re-Branding Koperasi

Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM Talkah Badrus berharap perkoperasian dan kewirausahaan bisa menjadi mata pelajaran yang diajarkan di sekolah-sekolah, dari mulai tingkat SD hingga SLTA, termasuk pondok pesantren.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM Talkah Badrus berharap perkoperasian dan kewirausahaan bisa menjadi mata pelajaran yang diajarkan di sekolah-sekolah, dari mulai tingkat SD hingga SLTA, termasuk pondok pesantren.

 

 

 "Terlebih lagi, kita sudah melakukan MoU dengan Kemendiknas dan Kementerian Agama terkait pengembangan perkoperasian pada lembaga pendidikan formal termasuk di pondok pesantren", kata Talkah kepada wartawan di Jakarta, Jumat (12/4).

 

Namun, Talkah mengakui, hal itu tidak bisa langsung menjadi mata pelajaran tersendiri, melainkan melebur ke dalam pelajaran-pelajaran IPS dan ekonomi, di sekolah-sekolah. "Kita sudah melakukan perkuatan kualitas tenaga pengajar di tingkat SD hingga SLTA mengenai pelajaran perkoperasian dan kewirausahaan", ungkap Talkah seraya menyatakan bahwa pihaknya sudah pernah mengumpulkan para guru di Jawa Barat terkait pelajaran perkoperasian tersebut.

 

Talkah menambahkan, pihaknya juga terus melakukan pengembangan modul-modul pengajaran perkoperasian dan kewirausahaan. "Saya berharap ada satu laboratorium di sekolah dimana koperasi sekolah sebagai laboratorium pembelajaran perkoperasian dan kewirausahaan bagi para siswa di sekolah", ujar Talkah.

 

Bagi Talkah, koperasi sekolah itu merupakan embrio pembelajaran koperasi dan wirausaha sejak usia dini. Sedangkan untuk perguruan tinggi, sudah ada pembinaan terhadap koperasi mahasiswa (Kopma). "Saat ini, Kopma sudah menjadi salah satu unit kegiatan mahasiswa sebagai kegiatan ekstra kurikuler. Kita juga sudah banyak melakukan kegiatan pelatihan perkoperasian dan kewirausahaan bagi para mahasiswa di seluruh Indonesia", imbuh Talkah.

 

Ke depan, lanjut Talkah, yang harus terus mendapat dukungan adalah masuknya para generasi muda untuk berkoperasi. "Kita sudah memfasilitasi Kopma yang bergerak di sektor startup. Bahkan, para pelaku bisnis startup kita dorong untuk membentuk sebuah koperasi. Kita berharap, pembelajaran koperasi dalam pendidikan formal dapat tetap berjalan. Kita juga terus mendorong informasi perkoperasian di kalangan pemuda", kata Talkah.

 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Koperasi Pemuda Indonesia (Kopindo) Pendi Yusuf mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Kemenkop dan UKM dalam menggulirkan program Re-Branding Koperasi, khususnya di kalangan generasi muda. "Kita akan terus menanamkan imej atau citra positif koperasi yang sesungguhnya. Pasalnya, hal itu belum sampai ke publik secara luas", aku Pendi.

 

Sebagai koperasi sekunder yang membawahi sekitar 132 koperasi (Kopma, Koperask Pemuda, Koperasi Ponpes), Kopindo akan terus melakukan sosialisasi perkoperasian di kalangan generasi muda. "Kopindo yang didirikan pada 1981 di Kota Batu, Malang, terus bergerak untuk melakukan Re-Branding Koperasi di kalangan generasi muda", kata Pendi.

 

Menurut Pendi, pihaknya melakukan langkah strategis di lapangan dengan masuk ke komunitas-komunitas yang ada di masyarakat. "Kita akan masuk menyesuaikan diri dengan apa kegiatan usaha yang dilakukan komunitas tersebut. Kita juga masuk ke kalangan generasi muda lainnya sesuai dengan bakat yang dimiliki mereka. Mereka baru sadar akan bentuk koperasi yang sesungguhnya", tandas Pendi.

 

Selain itu, lanjut Pendi, Kopindo juga melakukan kegiatan peningkatan kapasitas dan kapabilitas pelaku koperasi di kalangan generasi muda, siswa dan mahasiswa."Semakin banyak komunitas menggeluti koperasi maka akan semakin banyak pengetahuan perkoperasian terdeliveri di kalangan generasi muda", tukas Pendi.

 

Pendi mengakui, selama 38 tahun ini Kopindo sudah banyak melahirkan kader berkualitas yang tersebar di sektor wirausaha, profesional koperasi, hingga pelayanan publik. "Kita akan terus melakukan pengkaderan koperasi. Target ke depan, Kopindo akan membuat peta agar lebih banyak lagi edukasi perkoperasian dan kewirausahaan di kalangan generasi muda, terutama yang sudah berbasis digital", pungkas Pendi.(Agus)

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Resmikan Pasar Badung, Denpasar

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap pasar rakyat atau pasar tradisional di Indonesia, khususnya di wilayah Provinsi Bali, harus mampu bersaing dengan pusat perbelanjaan modern, pasar modern, hingga Mal.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap pasar rakyat atau pasar tradisional di Indonesia, khususnya di wilayah Provinsi Bali, harus mampu bersaing dengan pusat perbelanjaan modern, pasar modern, hingga Mal.

 

"Oleh karena itu, dengan program revitalisasi pasar, saya berharap pasar tradisional atau pasar rakyat bisa dikelola dengan manajemen yang baik dan bagus. Kebersihan pasar, termasuk kebersihan para pedagangnya, harus tetap dijaga. Jangan sampai becek, kotor, dan bau", tegas Presiden Jokowi saat meresmikan pasar rakyat Pasar Badung di Kota Denpasar, Jumat (22/3/2019).

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera


Transportasi

Dukung Kementerian BUMN: Djakarta Lloyd Berangkatkan 600 Pemudik

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Perusahaan pelayaran nasional, PT Djakarta Lloyd (Persero), hari ini (31/5) kembali memberangkatkan 600 pemudik secara gratis menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H, dengan mengerahkan 11 unit armada bus yang diberangkatkan dari Kawasan Mega Glodok Kemayoran (MGK), Jakarta Pusat.  

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Pasca Divestasi Saham KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan LingkunganJAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Penjelasan Jasa Marga tentang Penanganan Transaksi Pengguna Jalan dengan _E-Toll_ Berbeda di Jalan Tol Surabaya-Mojokerto

Menindaklanjuti informasi yang beredar di media sosial mengenai transaksi pengguna jalan yang menggunakan Uang Elektronik (UE) berbeda di Jalan Tol Surabaya-Mojokerto, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memgkonfirmasi bahwa berita tersebut tidak sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan sebagaimana berikut:JOMBANG, JURNAL IBUKOTA: Menindaklanjuti informasi yang beredar di media sosial mengenai transaksi pengguna jalan yang menggunakan Uang Elektronik (UE) berbeda di Jalan Tol Surabaya-Mojokerto, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memgkonfirmasi bahwa berita tersebut tidak sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan sebagaimana berikut:

Read more...