yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Koperasi Kredit di Indonesia Didorong Lakukan Digitalisasi di Era Milenial

DENPASAR, JURNAL IBUKOTA: Koperasi kredit (kopdit) di Indonesia didorong  untuk melakukan digitalisasi dalam sistem operasionalnya agar tetap kompetitif di era milenial yang akrab dengan teknologi.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Progres Konstruksi 4 Venue PON XX Papua Lebih Cepat, Kementerian PUPR Targetkan Selesai Juni 2020

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menganggarkan Rp 936,8 miliar dalam pembangunan empat arena olahraga (venue) untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua tahun 2020.

Read more...

Kemenkop dan UKM Perkuat Ketahanan Bisnis KUKM Hadapi Bencana

Kementerian Koperasi dan UKM berupaya, agar pelaku usaha di daerah dapat terus mempertahankan usahanya meski dilanda bencana. Sebab upaya untuk mempertahankan usaha bagi UMK apabila terjadi bencana belumlah optimal dilakukan. BANTEN, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Koperasi dan UKM berupaya, agar pelaku usaha di daerah dapat terus mempertahankan usahanya meski dilanda bencana. Sebab upaya untuk mempertahankan usaha bagi UMK apabila terjadi bencana belumlah optimal dilakukan. 

 

 

Hal ini disebabkan banyaknya jumlah bencana yang terjadi dan jumlah KUMKM yang terkena bencana dalam beberapa tahun terakhir. Di samping itu, lemahnya ketahanan bisnis koperasi dan UKM dalam menghadapi bencana. 

 

“Untuk itu, ke depan Kementerian Koperasi dan UKM akan terus berupaya untuk mengurangi risiko usaha agar dampak bencana bagi KUMKM dapat diminimalisir,” kata Asdep Perlindungan Usaha Kemenkop dan UKM Sutarmo dalam acara Bimbingan Teknis Ketahanan Usaha KUMKM di Wilayah Bencana di Pandeglang, Banten. 

 

Upaya itu dilakukan diantaranya dengan menyelenggarkan bimtek. Output dari bimtek ini, yakni peserta akan memperoleh semangat untuk berusaha, peserta memperoleh praktik dalam pembuatan kue berbahan dasar tepung terigu  dari PT. Sriboga Flour Mill, dan peserta akan difasilitasi memperoleh izin usaha.

 

Dalam bimtek peserta diberikan pembekalan motivasi mempertahankan bisnis dalam situasi terdampak bencana, pengurusan Izin usaha mikro kecil melalui sistem OSS dan praktek pengolahan makanan olahan berbahan baku tepung terigu bekerja sama dengan PT. Sriboga Flour Mill.

 

“Kerja sama dengan PT Sriboga Flour Mill dengan memberikan praktik pengolahan makanan. Diharapkan UKM makin terampil, dan kreatif dalam menghasilkan produk makanan, mendapatkan bahan baku yang lebih murah dan mudah sehingga produk UMKM dapat bersaing di pasar dengan harga yang kompetitif,” ujar Sutarmo.

 

Selain itu, para peserta diimbau untuk memanfaatkan konsultasi atau pendampingan yang ditawarkan oleh PT JEEMWE. Para peserta juga diharapkan agar menyusun rencana usaha, apa yang sudah dilaksanakan dan hasilnya seperti apa. 

 

Turut disosialisasikan program strategis Kemenkop dan UKM dalam rangka penguatan usaha/daya saing yaitu Early Warning System (EWS), PLUT-KUMKM, Kemitraan Nilai dan Rantai Pasok dengan Usaha Besar, Rehabilitasi UMK Pasca bencana dan IUMK.

 

Dalam kesempatan ini, Kemenkop dan UKM langsung memberikan NIB dan IUMK kepada 2 (dua) pelaku usaha yaitu Afiatun Inayah yang memiliki usaha jamu tradisional dan Septia Maulida yang memiliki usaha pembuatan bros. (Agus)

 

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Resmikan Pasar Badung, Denpasar

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap pasar rakyat atau pasar tradisional di Indonesia, khususnya di wilayah Provinsi Bali, harus mampu bersaing dengan pusat perbelanjaan modern, pasar modern, hingga Mal.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap pasar rakyat atau pasar tradisional di Indonesia, khususnya di wilayah Provinsi Bali, harus mampu bersaing dengan pusat perbelanjaan modern, pasar modern, hingga Mal.

 

"Oleh karena itu, dengan program revitalisasi pasar, saya berharap pasar tradisional atau pasar rakyat bisa dikelola dengan manajemen yang baik dan bagus. Kebersihan pasar, termasuk kebersihan para pedagangnya, harus tetap dijaga. Jangan sampai becek, kotor, dan bau", tegas Presiden Jokowi saat meresmikan pasar rakyat Pasar Badung di Kota Denpasar, Jumat (22/3/2019).

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera


Transportasi

Dukung Kementerian BUMN: Djakarta Lloyd Berangkatkan 600 Pemudik

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Perusahaan pelayaran nasional, PT Djakarta Lloyd (Persero), hari ini (31/5) kembali memberangkatkan 600 pemudik secara gratis menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H, dengan mengerahkan 11 unit armada bus yang diberangkatkan dari Kawasan Mega Glodok Kemayoran (MGK), Jakarta Pusat.  

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Pasca Divestasi Saham KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan LingkunganJAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Penjelasan Jasa Marga tentang Penanganan Transaksi Pengguna Jalan dengan _E-Toll_ Berbeda di Jalan Tol Surabaya-Mojokerto

Menindaklanjuti informasi yang beredar di media sosial mengenai transaksi pengguna jalan yang menggunakan Uang Elektronik (UE) berbeda di Jalan Tol Surabaya-Mojokerto, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memgkonfirmasi bahwa berita tersebut tidak sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan sebagaimana berikut:JOMBANG, JURNAL IBUKOTA: Menindaklanjuti informasi yang beredar di media sosial mengenai transaksi pengguna jalan yang menggunakan Uang Elektronik (UE) berbeda di Jalan Tol Surabaya-Mojokerto, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memgkonfirmasi bahwa berita tersebut tidak sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan sebagaimana berikut:

Read more...