yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Koperasi Catra Gemilang, Wujudkan Impian Fotografer Candi Borobudur

MAGELANG, JURNAL IBUKOTA: Koperasi pariwisata kini makin berkembang di Tanah Air. Kehadiran koperasi mendorong partisipasi masyarakat dalam mengelola bisnis pariwisata di daerahnya.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Kementerian PUPR Siapkan Program Pembangunan Drainase Jalan Secara Nasional

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melakukan upaya peningkatan kualitas jalan, salah satunya melalui pembenahan drainase sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari ruas jalan. Keberadaan drainase jalan yang terhubung dengan sistem drainase kawasan atau lingkungan sangat penting untuk menghindari terjadinya genangan dan memperpanjang usia layanan jalan. 

Read more...

Kemenkop dan UKM Dorong Koperasi Pengelola Pasar Tingkatkan Kinerja

Revitalisasi pasar rakyat oleh Kementerian Koperasi dan UKM telah mengubah kondisi pasar yang sebelumnya kumuh menjadi rapi,  modern,  layak bagi pedagang dan nyaman bagi pembeli. Karena itu,  koperasi sebagai pengelola pasar tersebut diminta dapat mengelola pasar tersebut secara baik agar bertahan lama dan berkembang.  JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Revitalisasi pasar rakyat oleh Kementerian Koperasi dan UKM telah mengubah kondisi pasar yang sebelumnya kumuh menjadi rapi,  modern,  layak bagi pedagang dan nyaman bagi pembeli. Karena itu,  koperasi sebagai pengelola pasar tersebut diminta dapat mengelola pasar tersebut secara baik agar bertahan lama dan berkembang.  

 

 

Sebagai informasi, program revitalisasi pasar Kemenkop dan UKM hanya bagi pasar rakyat yang dikelola oleh koperasi. Tercatat Kemenkop dan UKM telah merevitalisasi pasar rakyat yang dikelola koperasi sebanyak 789 dan tahun ini akan direvitalisasi 53 pasar rakyat.  Sesuai juknis, setelah pasar selesai dibangun atau direvitalisasi maka harus dikelola koperasi. 

 

"Melalui revitalisasi pasar rakyat,  kita mengubah pasar yang tadinya becek kotor bau,  ke arah yang lebih rapi baik kiosnya, tempat sampah drainase sirkulasi udara, parkir, kenyamanan dan kemudahan belanja. Dengan demikian kondisi pasar yang sudah lebih baik,  koperasi pengelola pasar sudah harus memberikan  manfaat kepada anggotanya," kata Staf ahli Menkop dan UKM Herustiati dalam acara Sinergitas Sosialisasi Penajaman Program Tugas Pembantuan Revitalisasi Pasar dan Penataan PKL, di Jakarta Selasa (9/4/2019).

 

Herustiati mengatakan kenyataannya kinerja sebagian besar koperasi pengelola pasar program revitalisasi pasar rakyat masih belum sesuai harapan. Hal ini antara lain terlihat dari jenis usaha yang dilakukan koperasi pengelola pasar yang sebagian besar masih mengandalkan sewa kios dan los, retribusi dan jasa parkir. Padahal di luar itu, banyak jenis usaha yang bisa dilakukan koperasi pengelola pasar seperti misalnya distribusi barang dan jasa, jasa akuntansi, permodalan, pengepakan (packaging).

 

"Tapi ternyata dari 789 pasar rakyat yang sudah direvitalisasi, kinerja sebagian besar koperasi pengelola pasar belum optimal atau sesuai harapan kami, sebagian besar masih mengandalkan sewa kios retribusi dan parkir," ujarnya. 

 

Ia mengatakan program revitalisasi pasar rakyat dan penataan sarana usaha kawasan PKL, mendapat apresiasi dari pelaku UKM, mengingat program tersebut dianggap telah memperbaiki dan meningkatkan sarana ekonomi yang selaras dengan upaya pemerataan, pembangunan hingga memperluas  kesempatan kerja.

 

"Memang masih diperlukan peningkatan kualitas manajemen tata kelola terhadap koperasi pengelola pasar rakyat," kata Herustiati.

 

Dengan pengelola pasar yang profesional maka diharapkan dapat mengubah stigma tentang pasar rakyat dari pasar yang kumuh menjadi pasar yang penuh pesona, atraktif, dan memberikan tempat yang layak berjualan bagi pedagang, dan layak belanja bagi pembeli. Selain itu memberikan outcome khususnya peningkatan omzet penjualan pedagang maupun penyerapan tenaga kerja.

 

Karena itu kata Heru, pada tahap awal diberikan stimulasi pembangunan fisik melalui pola tugas perbantuan dengan harapan daerah semakin partisipatif. Tahapan kedua dilakukan peningkatan profesionalisme melalui pendampingan manajemen.

 

Pada tahap ketiga dilakukan berbagai upaya penguatan kelembagaan dan peningkatan kapasitas sehingga ke depan koperasi pengelola pasar rakyat akan mampu mewujudkan pasar yang bercorak modern dan mandiri. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Resmikan Pasar Badung, Denpasar

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap pasar rakyat atau pasar tradisional di Indonesia, khususnya di wilayah Provinsi Bali, harus mampu bersaing dengan pusat perbelanjaan modern, pasar modern, hingga Mal.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap pasar rakyat atau pasar tradisional di Indonesia, khususnya di wilayah Provinsi Bali, harus mampu bersaing dengan pusat perbelanjaan modern, pasar modern, hingga Mal.

 

"Oleh karena itu, dengan program revitalisasi pasar, saya berharap pasar tradisional atau pasar rakyat bisa dikelola dengan manajemen yang baik dan bagus. Kebersihan pasar, termasuk kebersihan para pedagangnya, harus tetap dijaga. Jangan sampai becek, kotor, dan bau", tegas Presiden Jokowi saat meresmikan pasar rakyat Pasar Badung di Kota Denpasar, Jumat (22/3/2019).

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera


Transportasi

Dukung Kementerian BUMN: Djakarta Lloyd Berangkatkan 600 Pemudik

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Perusahaan pelayaran nasional, PT Djakarta Lloyd (Persero), hari ini (31/5) kembali memberangkatkan 600 pemudik secara gratis menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H, dengan mengerahkan 11 unit armada bus yang diberangkatkan dari Kawasan Mega Glodok Kemayoran (MGK), Jakarta Pusat.  

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Pasca Divestasi Saham KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan LingkunganJAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Kembali Raih Penghargaan Bergengsi, Jasa Marga Tempati Peringkat 28 Top 100 Indonesia Most Valuable Brands 2019

Kiprah PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebagai operator jalan tol terbesar di tanah air kembali mendapat pengakuan publik. Yang terbaru, Jasa Marga menempati peringkat ke-28 dari 100 _brand_ dalam ajang Brand Finance Top 100 Indonesia Most Valuable Brands 2019.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kiprah PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebagai operator jalan tol terbesar di tanah air kembali mendapat pengakuan publik. Yang terbaru, Jasa Marga menempati peringkat ke-28 dari 100 _brand_ dalam ajang Brand Finance Top 100 Indonesia Most Valuable Brands 2019.

Read more...