yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Koperasi Catra Gemilang, Wujudkan Impian Fotografer Candi Borobudur

MAGELANG, JURNAL IBUKOTA: Koperasi pariwisata kini makin berkembang di Tanah Air. Kehadiran koperasi mendorong partisipasi masyarakat dalam mengelola bisnis pariwisata di daerahnya.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Kementerian PUPR Siapkan Program Pembangunan Drainase Jalan Secara Nasional

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melakukan upaya peningkatan kualitas jalan, salah satunya melalui pembenahan drainase sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari ruas jalan. Keberadaan drainase jalan yang terhubung dengan sistem drainase kawasan atau lingkungan sangat penting untuk menghindari terjadinya genangan dan memperpanjang usia layanan jalan. 

Read more...

Damanik: PLUT Jadi Pemantik Semangat KUKM Tasikmalaya

Sejak diresmikan tahun 2015, Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM di Kabupaten Tasikmalaya terus menunjukkan eksistensi dan perannya bagi perkembangan koperasi dan UMKM. Keberadaan gedung ini sudah benar-benar dimanfaatkan para pelaku koperasi dan UMKM lokal untuk mengembangkan diri. TASIKMALAYA, JURNAL IBUKOTA : Sejak diresmikan tahun 2015, Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM di Kabupaten Tasikmalaya terus menunjukkan eksistensi dan perannya bagi perkembangan koperasi dan UMKM. Keberadaan gedung ini sudah benar-benar dimanfaatkan para pelaku koperasi dan UMKM lokal untuk mengembangkan diri. 

 

 

Lisnawati, Kasubag Tata Usaha UPT PLUT Tasikmalaya mengatakan PLUT-KUMKM terbuka setiap saat akan memberikan bimbingan kepada para pelaku koperasi dan UMKM yang didukung oleh para konsultan pendamping yang mumpuni.

 

Menurut dia, tujuan pendampingan melalui PLUT-KUMKM memberikan layanan jasa non finansial sebagai solusi atas permasalahan KUMKM dalam rangka meningkatkan produktivitas, nilai tambah, kualitas kerja dan daya saing KUMKM melalui pendamping bidang kelembagaan, SDM, produksi, pembiayaan dan pemasaran.

 

“Mereka (koperasi dan UMKM) antusiasmenya sangat tinggi misalnya kalau diadakan pelatihan atau sosialisasi koperasi. Walaupun kita tahu gedung PLUT ini jauh dari tempat tinggal mereka, tapi mereka bela-belain untuk datang,” kata Lisnawati, Minggu (24/3/2019).

 

Untuk diketahui sasaran PLUT KUMKM yakni meningkatkan kualitas kerja koperasi dan UMKM, meningkatkan kompetensi SDM KUMKM, meningkatkan produktivitas potensi unggulan daerah yang dikembangkan KUMKM, meningkatkan akses pembiayaan KUMKM melalui lembaga keuangan bank dan non bank, serta meningkatkan jaringan usaha kemitraan KUMKM.

 

Setidaknya ada berbagai layanan pengelolaan PLUT-KUMKM di antaranya konsultasi bisnis, pendampingan atau mentor bisnis, promosi atau pemasaran, IT dan e-commerce, akses ke sumber pembiayaan, pelatihan bisnis, networking dan kemitraan usaha, bahan proposal KUMKM dan layanan pustaka enterpreneur.

 

“Inilah yang membuat mereka bersemangat untuk datang ke PLUT setiap kali kita mengadakan pelatihan misalnya pelatihan di bidang kemasan, e-commerce, koperasi, bimbingan teknis, dan lain-lain. Karena mereka pikir ilmu yang akan didapatkan dari sana sangat penting bagi pengembangan usaha mereka,” katanya.

 

Selain sebagai sarana pelatihan dan sosialisasi, PLUT-KUMKM di Kabupaten Tasikmalaya ini juga membuka galery produk unggulan daerah. Berbagai macam produk hasil karya pelaku usaha dipasarkan di sana. Misalnya kerajinan batok kelapa, tas dan dompet yang terbuat dari rajutan daun pandan, makanan olahan, bordir kebaya, mukena hingga baju koko. 

 

“Jadi PLUT ini semacam rumah bagi koperasi dan UKM. Nanti kalau pada saat ada kunjungan dari pejabat pusat biasanya produk-produk itulah yang laku dibeli oleh mereka,” ungkapnya.

 

Abdul Kadir Damanik, Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, mengatakan PLUT-KUMKM Tasikmalaya sempat menjadi perhatian karena sejak awal berdiri PLUT tersebut belum berjalan optimal. Namun setelah tahun 2017 akhir PLUT Tasikmalaya menunjukkan perkembangan yang bagus.

 

“Sekarang itu aktivitasnya sudah mulai banyak. Dengan dorongan pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Koperasi dan UKM maka kegiatan PLUT Tasikmalaya mulai kelihatan,” ujar Kadir.

 

Menurut Kadir, berkembang tidaknya suatu PLUT-KUMKM akan bergantung pada komitmen pemerintah daerah dalam memberikan perhatian serius terhadap PLUT tersebut. Misalnya dengan memberikan dukungan anggaran melalui APBD, maupun menyiapkan dukungan sumber daya manusianya (SDM).

 

“Kepala dinasnya pernah bilang untuk lebih memperhatikan PLUT Tasikmalaya, sehingga waktu saya ke sana tahun 2018 sudah mulai menunjukkan performance yang baik. Jadi aktivitas PLUT ini sangat bergantung pada pemerintah daerah kalau mereka memberikan perhatian yang baik, maka PLUT juga akan berkembang dengan baik,” tutur Kadir. (Agus)

 

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Resmikan Pasar Badung, Denpasar

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap pasar rakyat atau pasar tradisional di Indonesia, khususnya di wilayah Provinsi Bali, harus mampu bersaing dengan pusat perbelanjaan modern, pasar modern, hingga Mal.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap pasar rakyat atau pasar tradisional di Indonesia, khususnya di wilayah Provinsi Bali, harus mampu bersaing dengan pusat perbelanjaan modern, pasar modern, hingga Mal.

 

"Oleh karena itu, dengan program revitalisasi pasar, saya berharap pasar tradisional atau pasar rakyat bisa dikelola dengan manajemen yang baik dan bagus. Kebersihan pasar, termasuk kebersihan para pedagangnya, harus tetap dijaga. Jangan sampai becek, kotor, dan bau", tegas Presiden Jokowi saat meresmikan pasar rakyat Pasar Badung di Kota Denpasar, Jumat (22/3/2019).

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera


Transportasi

Dukung Kementerian BUMN: Djakarta Lloyd Berangkatkan 600 Pemudik

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Perusahaan pelayaran nasional, PT Djakarta Lloyd (Persero), hari ini (31/5) kembali memberangkatkan 600 pemudik secara gratis menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H, dengan mengerahkan 11 unit armada bus yang diberangkatkan dari Kawasan Mega Glodok Kemayoran (MGK), Jakarta Pusat.  

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Pasca Divestasi Saham KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan LingkunganJAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Kembali Raih Penghargaan Bergengsi, Jasa Marga Tempati Peringkat 28 Top 100 Indonesia Most Valuable Brands 2019

Kiprah PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebagai operator jalan tol terbesar di tanah air kembali mendapat pengakuan publik. Yang terbaru, Jasa Marga menempati peringkat ke-28 dari 100 _brand_ dalam ajang Brand Finance Top 100 Indonesia Most Valuable Brands 2019.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kiprah PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebagai operator jalan tol terbesar di tanah air kembali mendapat pengakuan publik. Yang terbaru, Jasa Marga menempati peringkat ke-28 dari 100 _brand_ dalam ajang Brand Finance Top 100 Indonesia Most Valuable Brands 2019.

Read more...