yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Muslimpreneur Dinilai Cocok bagi Wirausaha Baru Generasi Millenial

SURABAYA, JURNAL IBUKOTA: Muslimpreneur yang merupakan konsep berwirausaha yang Halalan Thayyiban, karena nilai yang dianut adalah perilaku jujur dan amanah sebagaimana perilaku Nabi Muhammad SAW, dinilai  cocok bagi generasi muda khususnya kalangan santri dan mahasiswa.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Bendungan Gondang Akan Mensuplesi Irigasi Seluas 4.680 Hektare di Karanganyar dan Sragen

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah melakukan penyelesaian akhir pembangunan Bendungan Gondang yang terletak di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Kehadiran bendungan yang membendung Sungai Garuda ini akan mengalirkan air irigasi lebih kontinu daripada yang sebelumnya mengandalkan tadah hujan. 

Read more...

Kemenkop dan UKM Minta Komitmen Pemda Dukung PLUT KUMKM

Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, Abdul Kadir Damanik mengingatkan pemerintah daerah (pemda) untuk memberikan dukungannya terhadap operasional dan kinerja Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PLUT-MINAHASA SELATAN, JURNAL IBUKOTA: Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, Abdul Kadir Damanik mengingatkan pemerintah daerah (pemda) untuk memberikan dukungannya terhadap operasional dan kinerja Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PLUT-KUMKM).

 

 

“Ada beberapa PLUT bermasalah dan harus diperbaiki, utamanya karena kurangnya perhatian pemerintah daerah. Tanpa dukungan dari pemerintah daerah, keberadaan PLUT KUMKM tidak akan optimal dalam membantu pelaku usaha untuk berkembang,” kata Abdul Kadir Damanik dalam  Sosialisasi Program PLUT KUMKM dan Sosialisasi Kemitraan 

Strategis Rantai Nilai/Pasok Komoditas Kelapa di Minahasa Selatan, Jumat (22/3/2019).

 

Pada 2019 ini, Kadir mengaku tak ingin mendengar lagi ada PLUT KUMKM yang bermasalah. Karena itu pada kesempatan ini, Ia memimpin langsung sosialisasi hingga koordinasi dalam pembangunan PLUT di Kabupaten Minahasa Selatan. 

 

“Pengalaman PLUT di beberapa daerah kurang baik dan gagal, seperti lahan yang bersengketa hingga operasional yang terganggu. Maka disini saya koordinasikan langsung. Apalagi, PLUT ini merupakan program strategis sejak 2013 lalu, yang bertujuan untuk membina koperasi dan ukm sebagai tulang punggung ekonomi nasional kita secara berkelanjutan,” ucapnya.

 

Kadir mengungkapkan, nilai bantuan dari Kemenkop UKM untuk pembangunan PLUT di Kabupaten Minahasa Selatan ini sejumlah Rp2,3 miliar. Bantuan tersebut hanya diperuntukan untuk pembangunan fisik. Sementara sarana dan operasional menjadi tanggung jawab pemerintah daerah. 

 

“Pemerintah daerah harus menyediakan tenaga pengelola dan dana operasional, termasuk untuk rekruitmen dan pemberian honor bagi para konsultan pendamping PLUT KUMKM,” pungkasnya.

 

Ditempat yang sama, Asdep Pendampingan Usaha Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kemenkop UKM, Eviyanti Nasution menambahkan, PLUT KUMKM merupakan rumah besar bagi para pelaku KUMKM dan rumah sakit (RS) bagi KUMKM yang sedang bermasalah dan ingin mencari solusi untuk berkembang.

 

“Melalui PLUT ini kita ingin para pelaku KUMKM bisa naik kelas, melalui pendampingan konsultan yang direkrut dari lembaga independen,” ujarnya. 

 

Melalui sosialisasi kali ini, sambung Eviyanti, pihaknya ingin para stakeholder dan pelaku KUMKM memahami fungsi PLUT. “Jangan sampai keberadaan PLUT ini dialihfungsikan,” tegas Evi.

 

Sosialisasi tersebut terdiri dari dua sesi, dengan menghadirkan tiga pembicara, yaitu praktisi koperasi,  pembicara dari PT Tropica Cocoprima, dan perwakilan dari PT Berkat Efjeha Abadi. Turut hadir pula, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Minahasa Selatan, Meidi J Maindoka. 

 

Usai kegiatan itu, Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, Abdul Kadir Damanik bersama jajarannya melakukan pertemuan dengan Bupati Minahasa Selatan, Christiany Eugenia Paruntu di rumah dinasnya. (Agus)

 

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Resmikan Pasar Badung, Denpasar

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap pasar rakyat atau pasar tradisional di Indonesia, khususnya di wilayah Provinsi Bali, harus mampu bersaing dengan pusat perbelanjaan modern, pasar modern, hingga Mal.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap pasar rakyat atau pasar tradisional di Indonesia, khususnya di wilayah Provinsi Bali, harus mampu bersaing dengan pusat perbelanjaan modern, pasar modern, hingga Mal.

 

"Oleh karena itu, dengan program revitalisasi pasar, saya berharap pasar tradisional atau pasar rakyat bisa dikelola dengan manajemen yang baik dan bagus. Kebersihan pasar, termasuk kebersihan para pedagangnya, harus tetap dijaga. Jangan sampai becek, kotor, dan bau", tegas Presiden Jokowi saat meresmikan pasar rakyat Pasar Badung di Kota Denpasar, Jumat (22/3/2019).

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera


Transportasi

Libur Panjang Paskah 2019, ASTRA Tol Tangerang-Merak Ajak #AyokeBanten

TANGERANG, JURNAL IBUKOTA: Menghadapi libur Paskah 2019, ASTRA Tol Tangerang-Merak siaga memberikan pelayanan terbaik untuk pengguna jalan. Baik peningkatan pelayanan transaksi, maupun kondisi jalan hingga pelayanan keamanan 24 jam.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Pasca Divestasi Saham KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan LingkunganJAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Jasa Marga Berlakukan Contraflow untuk Urai Kepadatan Jalan Tol Jakarta-Cikampek

Memasuki hari terakhir libur panjang dalam rangka Pemilu dan  Hari Raya Paskah, terjadi peningkatan volume lalu lintas arah Jakarta yang signifikan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.KARAWANG, JURNAL IBUKOTA: Memasuki hari terakhir libur panjang dalam rangka Pemilu dan  Hari Raya Paskah, terjadi peningkatan volume lalu lintas arah Jakarta yang signifikan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Read more...