yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Koperasi Kredit di Indonesia Didorong Lakukan Digitalisasi di Era Milenial

DENPASAR, JURNAL IBUKOTA: Koperasi kredit (kopdit) di Indonesia didorong  untuk melakukan digitalisasi dalam sistem operasionalnya agar tetap kompetitif di era milenial yang akrab dengan teknologi.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Progres Konstruksi 4 Venue PON XX Papua Lebih Cepat, Kementerian PUPR Targetkan Selesai Juni 2020

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menganggarkan Rp 936,8 miliar dalam pembangunan empat arena olahraga (venue) untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua tahun 2020.

Read more...

Angkat Potensi Kerajinan Lokal, Dekranas Minta Pembinaan UMKM di Sulbar Ditingkatkan

Mengingat banyaknya potensi kerajinan lokal seperti kain tenun, kerajinan kayu dan lain sebagainya yang bisa dikembangkan, Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Mufidah Jusuf Kalla, mengimbau agar pembinaan dan pengembangan UMKM di Sulawesi Barat terus ditingkatkan. Hal ini disampaikan Mufidah dalam acara Sinergi Program Kegiatan Kementerian Koperasi dan UKM dengan Dekranas dan Tim Penggerak PKK, di Mamuju, Sulawesi Barat, Selasa (19/3/2019).MAMUJU, JURNAL IBUKOTA: Mengingat banyaknya potensi kerajinan lokal seperti kain tenun, kerajinan kayu dan lain sebagainya yang bisa dikembangkan, Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Mufidah Jusuf Kalla, mengimbau agar pembinaan dan pengembangan UMKM di Sulawesi Barat terus ditingkatkan. Hal ini disampaikan Mufidah dalam acara Sinergi Program Kegiatan Kementerian Koperasi dan UKM dengan Dekranas dan Tim Penggerak PKK, di Mamuju, Sulawesi Barat, Selasa (19/3/2019).

 

 

"Saya sangat mengharapkan agar peran Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Provinsi Sulawesi Barat terus ditingkatkan dalam rangka mengetahui dan menggali potensi produk kerajinan yang dapat dikembangkan. Kemudian dilanjutkan dengan memotivasi para perajin untuk dapat menghasilkan produk-produk kerajinan yang berkualitas dan mempunyai daya saing tinggi," ujar Mufidah dalam sambutannya.

 

Mufidah juga mengatakan, bahwa perlu  upaya nyata untuk mendorong para perajin agar lebih giat meningkatkan kualitas guna menghadapi persaingan di pasar global. 

 

"Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah meningkatkan kemampuan SDM  untuk mengembangkan produk-produk kerajinan yang berdaya saing sehingga laku di pasar," jelas Mufidah. 

 

Selain itu, Mufidah juga mengingatkan agar para UMKM memperhatikan tren desain produk yang terus berubah dengan sangat cepat. Menurutnya, peningkatan kreativitas dan inovasi desain perlu dilakukan, namun tetap mempertahankan identitas tradisional agar nuansa warisan budaya tetap harmoni dengan tren kekinian. 

 

Untuk itu ia berharap agar Dekranasda selalu berkoordinasi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti Dinas terkait, BUMN dan juga dengan Tim Penggerak PKK. 

 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Bidang Manajemen Usaha, Bintang Puspayoga, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan perkuatan Sinergi Program bersama antara Kementerian Koperasi dan UKM dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan Tim Penggerak PKK.  

 

Kegiatan mencakup pembekalan tentang perkoperasian, kewirausahaan, akses modal, dan pemasaran kepada para pelaku usaha untuk UMKM, tim penggerak PKK serta para pengrajin Tenun Mandar Mamasa dan Sekomandi. Kegiatan ini diharapkan dapat mengangkat produk unggulan dan kearifan lokal Mamuju, Sulawesi Barat.

 

Dalam acara tersebut,  Mufidah dan para pengurus Dekranas melakukan peninjauan ke 15 stand/booth UKM yang ada di pameran mini UKM perajin se-Provinsi Sulbar (Sulawesi Barat). Produk yang dipamerkan antara lain kain tenun lokal khas Provinsi Sulbar (Tenun Sutra Mandar, Tenun Sekomandi, dan Tenun Sambu Mamasa), Olahan Pangan dan Kerajinan. 

 

Kegiatan tersebut juga tidak hanya melibatkan perajin dari enam kabupaten, namun juga perajin dari daerah terdampak bencana seperti Palu dan Donggala, dan Sigi sebagai upaya pemulihan perekonomian daerah terdampak bencana.

 

Adapun, rangkaian kegiatan yang dilaksanakan terdiri atas Penyuluhan Perkoperasian Usaha Bersama Pra Koperasi, Konsultasi dan Pembekalan sertifikasi Hak Cipta Produk KUKM, Pelatihan Kewirausahaan, Pelatihan Vocation Keterampilan Teknis bagi SDM KUKM. 

 

Selain itu, dilakukan juga  Pelatihan Perkoperasian, Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Dana Bergulir, Program Bantuan Kredit Usaha Rakyat dari Deputi Pembiayaan, Bantuan Modal Usaha untuk UMK Pasca Bencana dari Deputi Restrukturisasi, Program Bantuan Wirausaha Pemula dari Deputi Pembiayaan, Penyerahan sertifikat hak cipta dari Deputi Produksi dan Pemasaran.  

 

Turut dilaksanakan kegiatan Bakti Sosial berupa pemberian bantuan alat tulis sekolah kepada korban bencana banjir di Kelurahan Bebanga Dusun Kampung Baru dan Dusun Makkarma.

 

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Barat, Andi Ali Baal Masdar turut mengharapkan agar UMKM di daerahnya dapat terus tersentuh dengan perhatian dan pembinaan dari Dekranas. Hal tersebut guna mendorong pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Barat. (Agus)

 

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Resmikan Pasar Badung, Denpasar

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap pasar rakyat atau pasar tradisional di Indonesia, khususnya di wilayah Provinsi Bali, harus mampu bersaing dengan pusat perbelanjaan modern, pasar modern, hingga Mal.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap pasar rakyat atau pasar tradisional di Indonesia, khususnya di wilayah Provinsi Bali, harus mampu bersaing dengan pusat perbelanjaan modern, pasar modern, hingga Mal.

 

"Oleh karena itu, dengan program revitalisasi pasar, saya berharap pasar tradisional atau pasar rakyat bisa dikelola dengan manajemen yang baik dan bagus. Kebersihan pasar, termasuk kebersihan para pedagangnya, harus tetap dijaga. Jangan sampai becek, kotor, dan bau", tegas Presiden Jokowi saat meresmikan pasar rakyat Pasar Badung di Kota Denpasar, Jumat (22/3/2019).

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera


Transportasi

Dukung Kementerian BUMN: Djakarta Lloyd Berangkatkan 600 Pemudik

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Perusahaan pelayaran nasional, PT Djakarta Lloyd (Persero), hari ini (31/5) kembali memberangkatkan 600 pemudik secara gratis menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H, dengan mengerahkan 11 unit armada bus yang diberangkatkan dari Kawasan Mega Glodok Kemayoran (MGK), Jakarta Pusat.  

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Pasca Divestasi Saham KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan LingkunganJAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Penjelasan Jasa Marga tentang Penanganan Transaksi Pengguna Jalan dengan _E-Toll_ Berbeda di Jalan Tol Surabaya-Mojokerto

Menindaklanjuti informasi yang beredar di media sosial mengenai transaksi pengguna jalan yang menggunakan Uang Elektronik (UE) berbeda di Jalan Tol Surabaya-Mojokerto, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memgkonfirmasi bahwa berita tersebut tidak sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan sebagaimana berikut:JOMBANG, JURNAL IBUKOTA: Menindaklanjuti informasi yang beredar di media sosial mengenai transaksi pengguna jalan yang menggunakan Uang Elektronik (UE) berbeda di Jalan Tol Surabaya-Mojokerto, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memgkonfirmasi bahwa berita tersebut tidak sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan sebagaimana berikut:

Read more...