yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Meliadi: KUR Diharapkan Bisa Optimalkan Potensi Perikanan Rakyat

DEMAK, JURNAL IBUKOTA:  Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) diharapkan bisa mengoptimalkan potensi perikanan rakyat yang peluangnya masih sangat besar untuk menyumbangkan kesejahteraan bagi masyarakat.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Pembinaan Jasa Konstruksi Nasional, 74% Jumlah Paket Pekerjaan di Kementerian PUPR untuk Badan Usaha Kecil dan Menengah

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada tahun 2019 mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp 110,7 triliun, ditambah anggaran penanganan jalan nasional dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha Availaibility Payment  (KPBU-AP)sebesar Rp 5,1 triliun. Progres penyerapan anggaran Kementerian PUPR hingga 24 Maret 2019, yakni realisasi keuangan sebesar 6,59 % atau sebesar Rp 7,3 triliun dan realisasi fisik sebesar 7,13 %.

Read more...

Menteri Puspayoga : Koperasi di Indonesia Harus Besar Seperti di Negara Lain

Koperasi di Indonesia harus tumbuh dan berkembang menjadi koperasi besar seperti di negara-negara lain.  Untuk itu,  Kementerian Koperasi dan UKM akan mendukung dengan regulasi yang memberi kemudahan menjalankan usaha bagi koperasi.  PEKALONGAN, JURNAL IBUKOTA: Koperasi di Indonesia harus tumbuh dan berkembang menjadi koperasi besar seperti di negara-negara lain.  Untuk itu,  Kementerian Koperasi dan UKM akan mendukung dengan regulasi yang memberi kemudahan menjalankan usaha bagi koperasi.  

 

 

"Pemerintah membuka peluang sebesar-besarnya bagi koperasi bisa besar seperti di negara lain," kata Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT)  ke-45 Kospin Jasa di Pekalongan,  Sabtu (16/3). Dalam RAT tersebut juga hadir Walikota Pekalongan Saelany Mahfudz dan sejumlah pengurus koperasi dari Forum Komunikasi Besar Indonesia. 

 

Puspayoga mengemukakan di sejumlah  negara seperti di New Zealand,  Singapura, Amerika Serikat, Jepang, Korea koperasi masuk dalam jajaran perusahaan terbesar di negaranya. 

 

Karena itu, ia meminta koperasi-koperasi  memberi masukan kepada pemerintah hal-hal yang diperlukan untuk menyusun regulasi terbaik bagi koperasi. 

 

"Jangan lagi koperasi kecil-kecil terus,  koperasi sama dengan PT harus bisa besar. Tetapi,  besarnya koperasi itu adalah bersama-sama dengan anggota, " kata Menteri.  

 

Ia menegaskan dukungan pemerintah terhadap pertumbuhan koperasi sudah dilakukan sejak awal pemerintahan tahun 2014. Hal itu terlihat dari naiknya PDB koperasi dari 1,71 persen pada 2014 menjadi 4,48 persen tahun 2017.  Presiden Jokowi pada Hari Koperasi 2018, juga telah menegaskan koperasi harus besar. 

 

"Pemerintah hadir dalam memberi regulasi untuk memudahkan koperasi menjalankan usahanya dan dapat berkembang seperti di negara lain, " kata Puspayoga.

 

Menteri mengatakan Kospin Jasa menjadi salah satu contoh koperasi yang berhasil menjadi besar.  Kospin Jasa juga telah menjadi tiga koperasi besar di Indonesia yang menyalurkan KUR.  Artinya, Kospin Jasa sudah setara bank karena penyalur KUR harus memenuhi Sistem Layanan Informasi Keuangan dari OJK.  

 

Puspayoga secara khusus mengapresiasi Kospin Jasa yang meski target-target kinerja tahun 2018 tidak tercapai tetapi memberikan SHU bagi anggota melebihi target. 

 

 

*Hadapi Tantangan*

 

Sementara itu,  Ketua Pengurus Kospin Jasa Andi Arslan Djunaid mengatakan sepanjang tahun 2018, Kospin jasa menghadapi banyak tantangan. 

 

Tantangan tersebut adalah kondisi ekonomi nasional sedang mengalami perlambatan,   Pilkada tahun 2018,  bencana alam diberbagai daerah yang juga menjadi kantor layanan Kospin Jasa, serta perkembangan ekonomi global yang sempat membuat nilai rupiah merosot. 

 

Faktor-faktor tersebut membuat kinerja keuangan Kospin Jasa tahun buku 2018 tidak mencapai target walau tetap mengalami pertumbuhan.  

 

Pada layanan konvensional aset tumbuh 4,12 persen dari Rp 6,4 triliun naik menjadi  Rp 6,69 triliun. Simpanan sebesar Rp 4,7 triliun dari tahun 2017 yang besarnya Rp 5,7 triliun. Adapun pinjaman tumbuh 0,8 persen dari Rp 3,91 triliun tahun 2017 menjadi Rp 3,94 triliun.  

 

Kinerja layanan syariah terdiri dari aset mencapai Rp 1,61 triliun naik 4,81 persen dari Rp 1,53 triliun tahun 2017. Simpanan  tahun 2018 mencapai Rp 1,56 triliun  naik dari Rp 1,489 triliun tahun 2017 atau tumbuh 4,9 persen.   Pembiayaan tumbuh 5,36 persen dari Rp 1,51 triliun menjadi Rp 1,59 triliun.  

 

"Meski target secara umum tidak tercapai,  kami berhasil mencapai SHU yang lebih tinggi untuk tahun 2018," kata Andi.

 

Tahun 2017, SHU yang dibagikan sebesar 13 persen dan tahun 2018 menjadi 17,8 persen atau Rp 35 miliar.  Naiknya SHU tersebut didorong berbagai efisiensi biaya yang diterapkan koperasi.  

 

Andi optimistis kinerja keuangan Kospin Jasa tahun 2019 akan mengalami peningkatan. Hanya saja pertumbuhan terjadi jika Pilpres dan Pemilu tahun ini berjalan lancar.  

 

"Kami menargetkan aset kumulatif Kospin Jasa tumbuh menjadi Rp 9,3 triliun," kata Andi.  

 

Di tengah situasi ekonomi yang tidak menentu,  Andi mengatakan partisipasi dan loyalitas anggota menjadi sumber ketahanan dan eksistensi Kospin Jasa. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Resmikan Pasar Badung, Denpasar

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap pasar rakyat atau pasar tradisional di Indonesia, khususnya di wilayah Provinsi Bali, harus mampu bersaing dengan pusat perbelanjaan modern, pasar modern, hingga Mal.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap pasar rakyat atau pasar tradisional di Indonesia, khususnya di wilayah Provinsi Bali, harus mampu bersaing dengan pusat perbelanjaan modern, pasar modern, hingga Mal.

 

"Oleh karena itu, dengan program revitalisasi pasar, saya berharap pasar tradisional atau pasar rakyat bisa dikelola dengan manajemen yang baik dan bagus. Kebersihan pasar, termasuk kebersihan para pedagangnya, harus tetap dijaga. Jangan sampai becek, kotor, dan bau", tegas Presiden Jokowi saat meresmikan pasar rakyat Pasar Badung di Kota Denpasar, Jumat (22/3/2019).

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera


Transportasi

Krist Ade: Astra Tol Tangerang-Merak Terus Kembangkan Layanan Jalan Tol

TANGERANG, JURNAL IBUKOTA: Presiden Direktur PT Marga Mandala Sakti (MMS) Krist Ade Sudiyono mengatakan menjelang akhir tahun 2018, Astra Tol Tangerang-Merak terus melakukan pengembangan terhadap berbagai aspek layanan jalan tol.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Pasca Divestasi Saham KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan LingkunganJAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Mulai Hari Ini, Jalan Tol Sei Rampah-Tebing Tinggi Dioperasikan Tanpa Tarif

Mulai hari ini, Senin, 25 Maret 2019 sejak pukul 00.00 WIB, Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi 7 (Sei Rampah-Tebing Tinggi) yang merupakan seksi terakhir dari Jalan Tol Medan-Kualanamu Tebing Tinggi mulai dioperasikan tanpa dikenakan tarif tol (Rp. 0.-).MEDAN, JURNAL IBUKOTA: Mulai hari ini, Senin, 25 Maret 2019 sejak pukul 00.00 WIB, Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi 7 (Sei Rampah-Tebing Tinggi) yang merupakan seksi terakhir dari Jalan Tol Medan-Kualanamu Tebing Tinggi mulai dioperasikan tanpa dikenakan tarif tol (Rp. 0.-).

Read more...