yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Menteri Puspayoga Harapkan ICSB Lahirkan UKM Eksportir

PANGKALPINANG, JURNAL IBUKOTA:  Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga mengharapkan International Council For Small Business (ICSB) bisa melahirkan UKM eksportir atau pengusaha skala UKM  yang berorientasi ekspor. 

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Daftar Penerima Penghargaan PUPR Tahun 2018

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan acara Penghargaan PUPR Tahun 2018 di Gedung Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta, 7 Desember 2018. Berikut daftar para penerima Penghargaan PUPR yang diserahkan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. 

Read more...

Kemenkop dan UKM Minta Pelaku Usaha ‘Melek Hukum’ Agar Bisa Minimalisir Risiko

Kementerian Koperasi dan UKM meminta pelaku usaha supaya lebih ‘melek’ terhadap hukum dan memahami berbagai peraturan yang terkait dengan usaha yang dikelolanya. Selain akan membantu memperlancar dalam mengembangkan usahanya juga bisa meminimalisir resiko masalah yang timbul.YOGYAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Koperasi dan UKM meminta pelaku usaha supaya lebih ‘melek’ terhadap hukum dan memahami berbagai peraturan yang terkait dengan usaha yang dikelolanya. Selain akan membantu memperlancar dalam mengembangkan usahanya juga bisa meminimalisir resiko masalah yang timbul.

 

 

Demikian disampaikan Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM Rulli Nuryanto pada acara Seminar Nasional Kewirausahaan dengan tema “Peranan hukum dalam berwirausaha guna mewujudkan kemandirian ekonomi umat”, yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Universitas Muhammadiah Yogyakarta.

 

Turut hadir dalam seminar tersebut antara lain Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Dr Gunawan Budiyanto MP, dan Dekan FH UMY Dr Trisno Raharjo SH MHum, serta para alumni FH UMY.

 

“Pengetahuan hukum yang memadai bahkan dibutuhkan hampir di seluruh bidang usaha, baik yang bersifat penjualan barang maupun jasa, baik yang offline maupun online atau memanfaatkan media berbasis tehnologi,” kata Rulli. 

 

Tak hanya ‘melek’ terhadap hukum dan peraturan, Ruli mengatakan aspek hukum juga perlu dipahami. Sebab kata dia aspek hukum sangat diperlukan sebagai instrumen dalam menciptakan iklim usaha yang kondusif penumbuhan dan pengembangan kewirausahaan melalui berbagai peraturan perundang-undangan. 

 

“Sementara apabila dilihat dari sisi pelaku usaha atau wirausaha adalah penting agar setiap individu pelaku usaha bisa ‘melek hukum’ dan memahami berbagai peraturan yang terkait dengan usaha yang dikelolanya,” tambahnya.

 

Sementara Rektor UMY Dr Gunawan Budiyanto MP mengharapkan seminar ini bisa memberi rekomendasi dan masukan bagi Fakultas Hukum UMY. Gunawan juga mengharapkan para alumni dapat membuat program yg dapat membantu mahasiswa yang berprestasi dengan memberikan beasiswa. 

 

“Sehingga kegiatan pertemuan para alumni ini juga dapat menghasilkan sebuah gagasan baru yang juga dapat memajukan UMY, salah satunya melalui kegiatan Seminar Nasional Kewirausahaan ini,” ujar Gunawan. (Agus)

 

 

 

primi sui motori con e-max

Transportasi

ASTRA Tol Tangerang-Merak Dukung Program Pemerintah Penertiban Akses Serang Timur

SERANG, JURNAL IBUKOTA: Sejalan dengan program pemerintah, ASTRA Tol Tangerang-Merak terus melakukan pembenahan terhadap akses Gerbang Tol Serang Timur. 

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Jasa Marga Raih 3 Penghargaan di Bidang Teknologi Informasi

Memasuki awal Desember ini, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. kembali meraih penghargaan dalam penganugarahan _TOP IT & TELCO Award_ 2018 yang diselenggarakan Majalah IT Works, Kamis (6/12). JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Memasuki awal Desember ini, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. kembali meraih penghargaan dalam penganugarahan _TOP IT & TELCO Award_ 2018 yang diselenggarakan Majalah IT Works, Kamis (6/12). 

Read more...