yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Rulli Nuryanto: Pemerintah Dorong Generasi Milenial Berkoperasi dan Manfaatkan Teknologi

BANDUNG, JURNAL IBUKOTA: Kemajuan teknologi digital dianggap telah membawa perubahan besar bagi dunia ekonomi Indonesia, khususnya bagi perkembangan Koperasi dan UKM. Namun yang menjadi perhatian, generasi milenial dinilai masih enggan menyentuh sektor bisnis Koperasi.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Kementerian PUPR Tingkatkan Kerja Sama Pengelolaan Sumber Daya Air dengan Pemerintah China

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kerja sama antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah China dalam pembangunan infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah berlangsung lama dan terus berkembang.

Read more...

Basuki: Koperasi Karyawan Punya Potensi Sangat Besar untuk Gerakkan Ekonomi Nasional

Deputi Kelembagaan pada Kementerian Koperasi dan UKM Untung Tri Basuki mengatakan koperasi karyawan mempunyai potensi yang sangat besar untuk menggerakkan perekonomian bangsa.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Deputi Kelembagaan pada Kementerian Koperasi dan UKM Untung Tri Basuki mengatakan koperasi karyawan mempunyai potensi yang sangat besar untuk menggerakkan perekonomian bangsa.

 

 

"Kalau kita lihat datanya, tenaga kerja formal mencakup 51 juta lebih," kata Deputi Kelembagaan pada Kementerian Koperasi dan UKM Untung Tri Basuki dalam seminar Nasional "Membangun Peran Strategis Koperasi Karyawan di Era Milenial" di Gedung Smesco Jakarta, Rabu (3/10/2018).

 

Tampil sebagai narasumber dalam seminar itu Ketua Umum IKPRI Prof. Dr. Agustitin Setyobudi MM, Sekjen Inkopkar Drs Sarjono MM, Deputi Kelembagaan Kemenkop dan UKM Untung Tri Basuki dan

 Sekretaris Koperasi Astra Internasional Riza Deliansyah.

 

Menurut Basuki, di sisi lain pekerja nonformal mencakup 72,6 juta orang. Mereka merupakan potensi ekonomi yang sangat besar untuk menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi.

 

"Pertumbuhan ekonomi Nasional bisa di atas 5%, karena faktor konsumsi yang tinggi," tuturnya.

 

Menurut dia, faktor yang mendorong konsumsi tinggi adalah angka pertumbuhan penduduk yang besar.

 

"Di negara-negara maju, pertumbuhan ekonomi nya cenderung stagnan, karena pertumbuhan penduduknya cenderung nol, sehingga faktor konsumer nya juga tidak bergerak naik," tambahnya.

 

Menurut Basuki, dari sisi regulasinya, kalau bicara Koperasi Karyawan, termasuk dalam koperasi karyawan fungsional. Dalam UU No. 25/1992, koperasi ini tidak termasuk jenis koperasi seperti diatur dalam UU itu.

 

"Koperasi sebagai mana diatur dalam UU itu adalah Koperasi produsen, koperasi konsumen, koperasi pemasaran, koperasi jasa dan koperasi simpan pinjam," katanya.

 

Menurut dia, koperasi Karyawan bergerak di bidang jasa yang berdasarkan consumer base. 

 

Dari regulasi UU Ketenagakerjaan, katanya, disebut sebagai Koperasi Pekerja. "Jadi ada dua model yang dikembangkan," tuturnya.

Koperasi Karyawan ada di perusahaan-perusahaan. Kemudian Koperasi Pekerja, di mana para Karyawan buka Koperasi penerbitan dan sebagainya. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Gempa 7,0 SR Guncang Lombok Utara, NTB

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Transportasi

Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) Bersinergi Membangun Jalan Tol Indonesia

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti (ASTRA Tol Tangerang Merak) Krist Ade Sudiyono terpilih sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI). Sebagai Sekjen ATI Krist berkolaborasi dengan Desi Arryani Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebagai Ketua Umum ATI dalam kepengurusan periode 2018-2023.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Jalan Tol Semarang-Solo Ruas Salatiga-Kartasura Siap Dioperasikan Desember 2018

Pembangunan Jalan Tol Semarang-Solo Ruas Salatiga-Kartasura sepanjang 32 Km menunjukkan progres positif, untuk tahap konstruksinya telah mencapai 91,5% dan pembebasan lahan telah mencapai 98,8%.BOYOLALI, JURNAL IBUKOTA:  Pembangunan Jalan Tol Semarang-Solo Ruas Salatiga-Kartasura sepanjang 32 Km menunjukkan progres positif, untuk tahap konstruksinya telah mencapai 91,5% dan pembebasan lahan telah mencapai 98,8%.

Read more...